Inikah Wujud Ponsel Layar Lipat Masa Depan Samsung?

Inikah Wujud Ponsel Layar Lipat Masa Depan Samsung?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 28 Nov 2020 13:10 WIB
ponsel layar lipat samsung
Inikah Wujud Ponsel Layar Lipat Masa Depan Samsung? Foto: SamMobile
Jakarta -

Samsung termasuk salah satu vendor yang paling pertama meluncurkan ponsel layar lipat secara komersial. Kini setelah meluncurkan beberapa generasi ponsel layar lipat, vendor asal Korea Selatan itu sepertinya mengisyaratkan menciptakan ponsel layar lipat masa depan.

Dikutip detikINET dari SamMobile, Sabtu (28/11/2020) Samsung memperlihatkan render desain ponsel layar lipat dengan desain tri-fold dan ponsel dengan layar gulung.

Render tersebut diunggah di blog Samsung Display, anak perusahaan yang menyediakan panel display untuk ponsel Samsung. Postingan blog ini adalah bagian dari rangkaian yang menampilkan kesempatan berinovasi.

Render pertama memperlihatkan ponsel dengan tiga panel yang bisa dilipat dan memiliki bentuk seperti huruf 'Z'. Dengan dua engsel, ponsel ini bisa dibuka menjadi seukuran tablet atau ditutup agar terlihat seperti ponsel yang lebih compact.

ponsel layar lipat samsungKonsep ponsel layar lipat masa depan Samsung Foto: SamMobile

Meski terlihat sangat futuristik, Samsung sepertinya telah meneliti desain ini selama beberapa tahun. Perusahaan ini sudah memiliki belasan paten untuk panel display tri-fold, jadi hanya menunggu waktu sampai konsep ini menjadi kenyataan.

Kemudian di render lainnya memperlihatkan desain perangkat dengan layar yang bisa digulung. Konsep buatan Samsung memperlihatkan stik berbentuk silinder yang kemudian bisa mengeluarkan panel OLED fleksibel seukuran tablet. Samsung sudah mengerjakan konsep ini selama beberapa tahun dan telah memiliki paten untuk desain ini.

ponsel layar lipat samsungKonsep ponsel layar gulung Samsung Foto: SamMobile

Perangkat dengan layar gulung bukanlah sesuatu yang baru. LG beberapa waktu yang lalu mengenalkan televisi dengan panel OLED yang bisa digulung, jadi desain yang sama seharusnya bisa diterapkan dengan skala yang lebih kecil.

TCL dan Oppo juga sudah mengenalkan ponsel konsep dengan layar yang bisa digulung. Tapi kedua vendor tersebut membuat ponsel dengan layar yang bisa ditarik untuk menjadi tablet, berbeda dengan render desain yang diunggah Samsung.



Simak Video "Tips Maksimalkan Pengalaman Mobile Gaming di Galaxy A52"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)