Buka Kunci Samsung Galaxy S21 Bakal Bisa Pakai Suara

Buka Kunci Samsung Galaxy S21 Bakal Bisa Pakai Suara

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 27 Nov 2020 17:42 WIB
Samsung Galaxy S21
Buka Kunci Samsung Galaxy S21 Bakal Bisa Pakai Suara (Foto: Istimewa/OnLeaks)
Jakarta -

Sebagai ponsel flagship Samsung Galaxy S21 tentu akan mengusung banyak fitur mutakhir. Kabarnya ponsel ini akan dibekali fitur membuka layar kunci menggunakan suara.

SamMobile mengabarkan Galaxy S21 diprediksi akan mengusung antarmuka One UI 3.1 yang saat ini belum diumumkan. Antarmuka ini akan membawa beberapa fitur eksklusif, salah satunya opsi untuk menggunakan suara sebagai biometrik untuk membuka kunci ponsel.

Fitur ini akan memanfaatkan asisten pintar milik Samsung, Bixby Voice. Bixby memang memiliki kemampuan untuk membuka kunci ponsel dengan mengatakan 'Hi Bixby', bahkan ada juga opsi untuk menggunakan password suara untuk membuka kunci ponsel tanpa perlu disentuh.

Kedua fitur itu tidak lagi ditawarkan oleh Bixby, tapi sumber SamMobile mengatakan One UI 3.1 di Galaxy S21 akan memungkinkan pengguna untuk memilih Bixby Voice sebagai metode untuk membuka kunci ponsel, seperti dikutip detikINET, Jumat (27/11/2020).

Detail tentang cara kerja fitur ini belum diketahui. Tapi SamMobile pesimis metode ini bisa lebih aman jika dibandingkan dengan password atau sidik jari.

Jika orang lain memiliki rekaman suara kalian, maka mereka bisa dengan mudah membuka ponsel. Sama seperti metode pengenalan wajah atau facial recognition yang bisa dikelabui dengan foto.

Sampai Samsung kembali menghadirkan pemindai iris untuk membuka kunci ponsel, maka metode paling aman saat ini adalah menggunakan sensor sidik jari atau password manual. Tapi sepertinya hal ini tidak mungkin karena Samsung lebih memilih desain punch-hole yang tentunya tidak akan cukup untuk menaruh sensor pemindai iris.

Tapi kita tidak perlu menunggu lama untuk melihat bagaimana cara kerja fitur ini jika memang menjadi kenyataan. Samsung dikabarkan akan meluncurkan Galaxy S21 pada bulan Januari, sebulan lebih cepat dari biasanya.

Dalam event Galaxy Unpacked ini, perusahaan asal Korea Selatan ini akan mengumumkan beberapa produk, termasuk Galaxy S21 dan fitur-fitur baru di One UI 3.1.



Simak Video "Resmi Dirilis, Ini Harga Galaxy S21 Series di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)