Mac M1 Bisa Jalankan Aplikasi dan Game Windows, Caranya?

Mac M1 Bisa Jalankan Aplikasi dan Game Windows, Caranya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 20 Nov 2020 10:35 WIB
Apple M1
Foto: Apple
Jakarta -

Jajaran Mac baru dengan chip Apple M1 memang sudah dipastikan tak lagi mendukung instalasi OS Windows. Namun ternyata masih bisa menjalankan aplikasi untuk Windows.

Aplikasi Windows di Mac M1 ini bisa dijalankan lewat aplikasi CrossOver 20 buatan CodeWeavers. Aplikasi ini sebelumnya memang lazim dipakai pengguna Mac yang ingin menjalankan aplikasi Windows.

Namun itu hanya pada Mac dengan prosesor Intel, sementara Mac anyar kini sudah memakai chip M1 yang berbasis ARM, bukan x86 (atau tepatnya x64). Namun CodeWeavers baru saja memastikan kalau CrossOver 20 kini sudah kompatibel dengan jajaran Mac baru dengan chip M1.

CrossOver sendiri adalah sebuah platform yang berbasis pada proyek open source bernama Wine, yang bisa menghadirkan 'lingkungan' Windows di macOS dan Linux. Atau dengan kata lain, lewat CrossOver pengguna bisa menjalankan aplikasi Windows tanpa perlu menginstal Windows, baik di macOS maupun Linux.

Jadi, meski Apple dan Microsoft sudah mengkonfirmasi kalau Mac berbasis ARM tak lagi mendukung penggunaan Windows, CodeWeavers memastikan kalau CrossOver 20 bisa berjalan di Mac M1.

CrossOver ini berjalan lewat teknologi Rosetta 2 buatan Apple, yang membuat Mac M1 bisa menjalankan aplikasi yang sejatinya dibuat untuk Mac berbasis Intel, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Jumat (20/11/2020).

"Ini sangat mengagumkan jika anda mempertimbangkan kalau kami menjalankan perangkat Apple Silicon yang paling murah -- yaitu yang bakal mengalami throttle dan kekurangan satu core GPU. Saya tak bisa menjelaskan sehebat apa itu; di sana terjadi sangat banyak emulasi di dalamnya," ujar CodeWeavers dalam postingan blognya.

Dalam video yang diposting oleh CodeWeavers terlihat kalau mereka sukses menginstal sejumlah aplikasi Windows di Mac M1, termasuk game populer Among Us versi desktop, atau bahkan game Team Fortress 2. Meski memang terlihat game tersebut agak tersendat ketika dijalankan.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Pesona MacBook Air dan Pro yang Diklaim Makin Ngebut"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)