Apple Bakal Rilis iPhone Layar Lipat Tahun 2022?

Apple Bakal Rilis iPhone Layar Lipat Tahun 2022?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 17 Nov 2020 18:49 WIB
iPhone layar lipat
Apple Bakal Rilis iPhone Layar Lipat Tahun 2022? Foto: LetsGoDigital
Jakarta -

Apple mulai mengirimkan ponsel layar lipat kepada mitranya Foxconn untuk diuji coba. iPhone layar lipat ini diproyeksikan akan rilis pada September 2022.

Rumor ini datang dari Economic Daily News yang mengutip sumber dari supply chain. Proses uji coba ini meliputi evaluasi pengguna display OLED atau Micro-LED, karena pilihan display yang digunakan akan mempengaruhi metode perakitan.

Dikutip detikINET dari MacRumors, Selasa (17/11/2020) Apple juga meminta Foxconn untuk mengevaluasi komponen lipatan dengan dibuka tutup lebih dari 100.000 kali dalam proses uji coba.

Laporan ini mencatat uji coba serupa juga dilakukan untuk laptop biasa agar bisa dibuka tutup hingga 20.000 atau 30.000 kali. Karena iPhone lipat kemungkinan lebih sering dibuka tutup dibandingkan laptop biasa, maka cukup wajar jika Apple memiliki syarat yang lebih ketat.

Rumor ini tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang desain yang digunakan iPhone layar lipat. Tapi mereka mencatat Samsung akan menyediakan panel layar lipat yang digunakan, mengikuti rumor sebelumnya yang mengatakan Apple sudah membeli sampel display layar lipat dari perusahaan Korea Selatan tersebut.

Rumor tentang Apple mengembangkan iPhone layar lipat sudah berhembus sejak tahun 2016. Perusahaan asal Cupertino, AS ini juga telah mendaftarkan beberapa paten desain iPhone layar lipat, termasuk salah satu desain yang bisa menyatukan dua perangkat terpisah dengan engsel.

Pembocor gadget Jon Prosser beberapa waktu yang lalu mengatakan Apple sedang mengembangkan prototipe iPhone layar lipat yang menggunakan dua layar terpisah yang disambungkan dengan engsel, berbeda dengan Samsung Galaxy Fold yang memiliki satu display yang dilipat.

Prosser mengatakan iPhone layar lipat ini memiliki sisi yang membulat dan dilapisi stainless steel, mirip seperti iPhone 11. Ponsel ini juga memiliki 'dahi kecil' di display bagian luar untuk menempatkan sensor Face ID.

Rumor terakhir mengatakan Apple akan mematikan iPad Mini setelah iPhone layar lipat diluncurkan. Alasannya adalah jika layar iPhone layar lipat dibuka, ukurannya akan sama seperti iPad Mini.



Simak Video "Tak Hanya iPhone 12, iPhone Sebelumnya Kini Dijual Tanpa Charger"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)