Corning Gorilla Glass Bikin Pelapis Ponsel yang Bisa Bunuh Virus Corona

Corning Gorilla Glass Bikin Pelapis Ponsel yang Bisa Bunuh Virus Corona

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 16 Nov 2020 09:55 WIB
gorilla glass 5
Foto: Istimewa
Jakarta -

Corning, produsen lapisan kaca untuk layar ponsel Gorilla Glass, mengembangkan pelapis baru yang dinamakan Guardiant. Mereka mengklaim pelapis ini terbukti efektif 99,9% membunuh virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Disebutkan Corning, lapisan tersebut bekerja melawan bakteri lain dan norovirus yang sulit dibunuh. Efektivitas antimikroba ini diklaim tetap aktif bahkan setelah enam tahun simulasi scrubbing.

"Ilmuwan kami telah mengembangkan aditif cat unik ini menggunakan teknologi keramik-kaca kami yang sudah melalui proses rekayasa. Kami sangat bersemangat dengan hasi lab terbaru ini," CEO Corning Wendell P. Weeks, dikutip dari News.com Australia.

Corning akan berkolaborasi dengan produsen pelapis layar terkemuka untuk memproduksi produk yang mengandung Guardiant. Mereka sejauh ini telah bekerja sama dengan produsen cat dan pelapis PPG untuk mendapatkan persetujuan mengenai pelapis ini.

CEO PPG Michael H. McGarry mengatakan, mereka sangat bangga bisa bermitra dengan Corning untuk terus berinovasi.

"Setelah mendaftar dengan EPA, kami berharap dapat meluncurkan produk cat dalam beberapa bulan mendatang yang mengandung Corning Guardiant, yang memberikan perlindungan tambahan kepada pelanggan dari virus Corona di area yang berisiko kesehatan lebih tinggi," ujarnya.

Corning Profesor mikrobiologi dari University of Arizona Charles Gerba. Foto: Corning

Sementara itu, profesor mikrobiologi dari University of Arizona Charles Gerba mengatakan permukaan benda yang bisa membersihkan diri sendiri merupakan terobosan baru selanjutnya dalam upaya pengendalian infeksi.

"Kita membutuhkan jenis 'senjata' ini dalam perang melawan kuman dan virus lebih dari sebelumnya. Produk ini sudah didemonstrasikan di laboratorium maupun situasi seperti rumah sakit," kata profesor Gerba.

Corning mengatakan tembaga menjadi bahan utama dalam teknologi Guardiant. Tidak seperti perak dan seng, tembaga bekerja dengan baik dalam kondisi kering.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode yang disetujui oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS yang menurut Corning meniru kondisi dalam penggunaan dan simulasi kontaminasi realistis, yang kering dan tidak terlihat.



Simak Video "Xiaomi Rilis Ponsel Tangguh 'Sang Gatot Kaca'"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)