Xiaomi Rilis Jajaran Produk Pintar Baru di Indonesia, Apa Saja?

Xiaomi Rilis Jajaran Produk Pintar Baru di Indonesia, Apa Saja?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 05 Nov 2020 07:32 WIB
Ekosistem Xiaomi
Foto: Dok. Xiaomi
Jakarta -

Xiaomi bakal merilis jajaran produk ekosistem pintar baru pada 5 November, yaitu Mi Air Purifier 3C, Mi True Wireless Earbuds Basic 2, dan Mi True Wireless Earphones 2S.

Jajaran produk baru itu akan dijual di berbagai tempat, termasuk mi.com dan official store Xiaomi di Blibli, Lazada, Shopee, JD.ID, Tokopedia, dan lainnya. Ini adalah bagian dari realisasi strategi 'Smartphone X AIoT' yang dianut Xiaomi.

Yaitu menempatkan ekosistem perangkat pintar sebagai bagian penting dari bisnis ponsel. Selain produk yang akan diluncurkan itu, Xiaomi sudah punya portfolio produk ekosistem yang sangat lengkap.

Sebut saja Mi Electric Scooter dan Mi Smart Band 5, atau Mi 20W Wireless Car Charger untuk di dalam mobil. Ada juga produk seperti Mi Air Purifier 2H, Mi Smart LED Bulb, Mi Robot Vacuum-Mop, Mi Wi-Fi Range Extender Pro, serta Mi TV 4.

"Sebagai perusahaan global terdepan dengan berbagai produk smartphone dan AIoT, Xiaomi percaya bahwa teknologi harus dapat diakses oleh semua orang agar dapat meningkatkan kualitas hidup dengan teknologi. Kami berkomitmen akan terus membawa berbagai produk terbaik untuk Indonesia," kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse dalam keterangan yang diterima detikINET.

Per 30 Juni 2020, sudah ada 271 juta unit perangkat pintar (belum termasuk smartphone dan laptop) atau tumbuh 38,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Pengguna yang memiliki lima perangkat pintar atau lebih kini terhitung sebanyak 5,1 juta orang atau tumbuh 63,9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Aplikasi Mi Home App yang digunakan untuk terhubung dengan perangkat pintar kini memiliki 40,8 juta pengguna aktif bulanan (MAU) atau tumbuh 34,1% di mana pengguna smartphone non-Xiaomi menyumbang sebesar 67,9%.

Untuk TV pintar, Xiaomi telah mengirimkan 2,8 juta unit pada Q2 2020 dan menempati peringkat nomor 1 di China dalam enam kuartal berturut-turut, dan nomor 5 global.



Tidak hanya memperkenalkan lebih banyak jenis perangkat ekosistem, Xiaomi juga terus mengeksplorasi cara yang lebih baik dan menyenangkan untuk berkomunikasi seperti teknologi ultra-wideband (UWB).

Dengan teknologi ini, smartphone mampu memberi perintah dengan mengarahkan ke arah perangkat pintar, dengan demikian mereka bisa memindahkan channel dengan mengarahkan ke Mi TV. Teknologi UWB masih dalam tahap uji coba dengan kemungkinan diimplementasikan pada masa mendatang.

Xiaomi juga memperkenalkan sebagian dari perangkat pintar itu untuk Indonesia agar mendorong penggunanya memiliki gaya hidup yang lebih baik. Sejumlah perangkat yang sudah hadir untuk menemani di rumah seperti Mi Induction Heating Rice Cooker, Mi Smart Kettle, Mi Home Security Camera, Mi Portable Electric Air Compressor, dan Mi Motion-Activated Night Light, termasuk sejumlah produk perangkat audio pintar seperti Mi True Wireless Earphones 2 Basic dan Mi True Wireless Earbuds Basic S.

Berdasarkan laporan dari Canalys, Xiaomi menjadi produsen true wireless stereo atau TWS dengan pangsa pasar paling besar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 44,2%, terpaut jauh dengan kompetitor di nomor dua melalui pangsa pasar 23,9%. Kesimpulan ini berdasarkan riset yang dilakukan Canalys pada bulan Mei 2020.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)