Wow, Pengguna Aktif iPhone Tembus 1 Miliar Orang

Wow, Pengguna Aktif iPhone Tembus 1 Miliar Orang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 28 Okt 2020 21:11 WIB
FILE PHOTO: An attendee uses a new iPhone X during a presentation for the media in Beijing, China October 31, 2017. REUTERS/Thomas Peter/File Photo
Pengguna iPhone tembus 1 miliar orang (Foto: Thomas Peter/Reuters)
Jakarta -

Berapa banyak orang yang pada saat ini aktif menjadi pengguna iPhone? Ternyata sangat banyak, diestimasi sekitar 1 miliar unit di seluruh dunia.

Hal itu dikemukakan oleh analis Apple bernama Neil Cybart yang selama ini trak recordnya meyakinkan. "Semiliar orang sekarang punya iPhone. Menurut estimasi saya, Apple melampaui jumlah 1 miliar pengguna iPhone ini di bulan silam," tulisnya di blog Above Avalon.

Meskipun telah berlalu 13 tahun sejak iPhone generasi pertama muncul pada tahun 2007, rupanya popularitas handset ini belumlah pudar dan loyalisnya masih sangat banyak. iPhone 12 sebagai generasi anyar pun terindikasi luber permintaan di negara-negara yang telah memasarkannya.

Pada tahun 2018, Apple mendadak berhenti melaporkan berapa jumlah penjualan iPhone yang memicu spekulasi bahwa iPhone tidak lagi selaris dulu. Namun menurut Neil, hal itu tidak tepat. Pada waktu itu, memang sempat terjadi penurunan tapi lebih karena faktor pola upgrade.

Model tertentu seperti iPhone 12, mungkin melonjak penjualannya karena banyak pengguna iPhone siap upgrade ke versi baru setelah beberapa lama menunggu. Terlebih iPhone 12 punya pembaharuan yang cukup signifikan.

Di sisi lain, pembelian iPhone oleh user baru memang mengalami penurunan sehingga pembeli iPhone makin didominasi oleh mereka yang sebelumnya memiliki iPhone dan ingin ganti ke iPhone anyar.

"Bisnis iPhone telah menjadi bisnis upgrade. Meski Apple masih mendapatkan 20 juta sampai 30 juta pengguna baru iPhone tiap tahun, persentase penjualan iPhone yang dibeli user baru terus menurun," tulis Neil.

Seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (28/10/2020) perkiraan 1 miliar unit pengguna iPhone aktif itu mungkin tepat. Sebabnya pada tahun 2019, Apple sempat memberi pernyataan bahwa pada saat itu, ada 900 juta pengguna iPhone.



Simak Video "Bocoran iPhone 12 yang Siap Meluncur Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)