Tantang Google Maps, Huawei Rilis Petal Maps

Tantang Google Maps, Huawei Rilis Petal Maps

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 23 Okt 2020 10:21 WIB
Petal Search
Petal Search. Foto: Huawei
Jakarta -

Huawei terus berusaha menemukan solusi di tengah sanksi dari Amerika Serikat yang membuat ponselnya tidak bisa memakai aplikasi resmi Google. Salah satunya tentu aplikasi peta Google Maps. Bersamaan dengan rilis Mate 40, mereka bikin sesuatu yang baru.

Tak dapat dipungkiri bahwa Google Maps merupakan aplikasi peta paling digemari di ponsel Android. Pengguna ponsel baru Huawei memang dapat mengaksesnya melalui browser, tapi tentu pengalaman pemakaiannya tidak sama.

Huawei pun beberapa waktu lalu memberikan peta bernama Here WeGo sebagai alternatif. Kemudian ada TomTom Go Navigation. Keduanya cukup baik dalam menunjukkan arah layaknya Google Maps.

Kini aplikasi peta terbaru diperkenalkan oleh Huawei dan dinamai sebagai Petal Maps. Dalam pembuatan peta ini, Huawei mengandalkan bantuan dari TomTom yang sudah terkenal sebagai perusahaan navigasi.

Memetakan seluruh dunia jelas bukan pekerjaan mudah. Untungnya TomTom telah melakukannya jauh sebelumnya ketika mereka membeli TeleAtlas. Walaupun masih dalam tahap beta, sudah ada banyak fitur ditawarkan.

Dikutip detikINET dari Forbes, Jumat (23/10/2020) disediakan peta detail 140 negara dan sebagian di antaranya sudah menyertakan informasi mengenai kondisi lalu lintas. Kemudian ada pilihan untuk melihat lokasi termasuk bangunan dalam bentuk 3 Dimensi.

"Petal Maps merupakan indikasi jelas dari keinginan Huawei untuk menciptakan sesuatu yang kelas dunia tanpa Google," tulis Forbes.

Selain Petal Maps, Petal Search juga diberi fungsi baru di mana kini dapat mengenali konten berdasarkan gambar. Misalnya, jika ada sebuah ikon terlihat di screenshot, Petal Search dapat mengidentifikasi ikon aplikasi tersebut sekaligus sumber untuk mengunduhnya.

Petal Search sendiri pada dasarnya adalah mesin pencari aplikasi dari berbagai sumber. Bisa diunduh dari AppGallery Huawei, aplikasi ini menjadi cara lain untuk menemukan dan mengunduh aplikasi yang diperlukan. Aplikasi ini akan mencari apk untuk aplikasi yang dicari dari berbagai sumber, baik dari AppGallery maupun penyedia apk pihak ketiga.



Simak Video "Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)