Ponsel Android Mini dari China Belum Akan Hadir dalam Waktu Dekat

Ponsel Android Mini dari China Belum Akan Hadir dalam Waktu Dekat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 23 Okt 2020 08:52 WIB
iPhone 12
Ponsel Android Mini dari China Belum Akan Hadir dalam Waktu Dekat Foto: Apple
Jakarta -

Setelah Apple meluncurkan iPhone 12 mini, ponsel dengan layar berukuran kecil diperkirakan akan menjadi tren baru. Tapi sepertinya vendor ponsel asal China belum ada yang ingin menghadirkan ponsel Android mini dalam waktu dekat.

Kabar ini datang dari pembocor gadget Digital Chat Station dalam unggahannya di Weibo. Dikutip detikINET dari Gizmochina, Jumats (23/10/2020) akun tersebut mengatakan ia belum mendengar kabar vendor asal China yang mendaftarkan ponsel Android berukuran mini.

Menurutnya ponsel seperti ini justru akan menelan biaya yang lebih besar dan mengharuskan vendor untuk memodifikasi lini produksinya. Ia menambahkan bahwa jika vendor ingin membeli display dari penyedia lokal juga tidak ada banyak opsi.

Selain itu pasar komponen yang beroperasi berdasarkan kebutuhan rantai pasokan agak menyulitkan vendor. Contohnya ponsel kecil seperti iPhone 12 mini, Apple harus memodifikasi hampir semua bagiannya, mulai dari bodi, display, internal hingga baterai.

Proses modifikasi ini tentu akan menambah biaya produksi dibandingkan menggunakan komponen untuk perangkat dengan desain yang umum. Hal ini dikarenakan lebih murah dan mudah bagi vendor untuk membeli komponen siap pakai dibandingkan memodifikasinya sendiri.

Selain itu, tipster ini juga mengatakan layar OLED 5,4 inch yang digunakan iPhone 12 mini merupakan komponen yang paling mahal. Bahkan jika vendor mengambil risiko dan memproduksi ponsel dengan desain ini pendapatan mereka tidak akan sesuai perkiraan karena permintaan yang rendah.

Akun tersebut mengatakan ponsel mini memiliki persentase yang rendah dibandingkan dengan total pengapalan seluruhnya. Apalagi ponsel ini tidak bisa dijual dengan harga murah karena biaya produksi yang lebih tinggi dibanding ponsel berukuran besar yang ada saat ini.

Tapi informasi dari Digital Chat Station ini berbanding terbalik dengan petunjuk yang diberikan bos vendor ponsel asal China. Seperti GM Redmi Lu Weibing yang mengatakan perusahaannya ingin membuat ponsel mini tapi khawatir dengan daya tahan baterainya.

Saat ini tidak banyak vendor yang menjual ponsel Android dengan ukuran layar di bawah 6 inch. Google termasuk salah satunya yang meluncurkan Pixel 5 dan 4A yang berukuran 5,81 inch.

Sementara itu, Apple justru meluncurkan dua ponsel mini dalam waktu berdekatan. Sebelum meluncurkan iPhone 12 mini, mereka merilis iPhone SE 2020 yang ukurannya bahkan lebih mungil yaitu 4,7 inch.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)