iPhone 12 Ada 4 Varian, Pilih yang Mana?

iPhone 12 Ada 4 Varian, Pilih yang Mana?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 17 Okt 2020 05:49 WIB
iPhone 12
iPhone 12. Foto: istimewa
Jakarta -

iPhone 12 ditawarkan Apple dalam 4 varian. Desainnya sama, prosesornya semua A14 Bionic dan layarnya pun seluruhnya berteknologi OLED. Jadi, pilih yang mana sebaiknya?

iPhone 12 Mini paling murah dan paling kecil, sedangkan iPhone 12 Pro Max yang paling besar dan paling mahal. Demikian pula semua memiliki konektivitas 4G, menjalankan iOS 14 serta sertifikasi IP68 sehingga tahan air dan debu. Perbedaan terbesar adalah kapabilitas kameranya.

Berikut sedikit panduan pembeliannya, dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Sabtu (17/10/2020):

iPhone 12 Mini

Perbedaan antara iPhone 12 Mini dan iPhone 12 adalah ukurannya, besar layar serta harganya. Baik warna, opsi storage internal, kamera dan hardware keduanya identik. iPhone 12 Mini ini cocok bagi yang ingin smartphone kompak, mudah digenggam dan mudah dimasukkan ke saku, layarnya cuma 5,4 inch.

Pasar penggemar smartphone kecil masih banyak, terbukti iPhone SE 2020 yang mengusung form factor iPhone 6 laris manis. Sebaliknya, mereka yang ingin melihat konten di layar yang besar kemungkinan tidak akan terpuaskan dengan layar kecil iPhone 12 Mini.

iPhone 12

Dari semua model iPhone terbaru, iPhone 12 ini yang kemungkinan bisa menarik konsumen dari segala kalangan. Ukurannya pas, layarnya 6,1 inch yang sama seperti iPhone 12 Pro, tidak besar tapi juga tidak kecil, serta hardware pun dapat diandalkan.

Namun iPhone 12 sepertinya kurang menarik bagi yang sudah punya iPhone 11. Perubahannya tidak sangat besar sehingga mungkin banyak dari user iPhone 11 yang masih akan menahan diri untuk membelinya, kecuali memang yang selalu mengikuti tren.

iPhone 12 Pro

Meski ukurannya sama dengan iPhone 12, iPhone 12 Pro lebih premium wujudnya dan kamera lebih canggih. Kamera utama terdiri dari tiga unit dengan neural engine serta sensor Lidar yang bermanfaat untuk fitur augmented reality. Handset ini cocok bagi mereka yang sangat mementingkan kualitas kamera serta punya anggaran cukup tinggi.

Terkait pandemi Corona, pemasaran iPhone 12 Pro lebih lambat dari iPhone 12 ataupun 12 Mini sehingga mungkin tidak cocok bagi fanboy Apple yang ingin segera menimang iPhone terkini. Mereka yang tidak terlalu peduli dengan kamera, karena kualitas kamera iPhone sudah baik di segala model, barangkali lebih tertarik pada iPhone 12.

iPhone 12 Pro Max

Bagi yang ingin iPhone 12 dengan kemampuan maksimal, iPhone 12 Pro Max adalah jawabannya. Ukurannya pun paling besar di antara iPhone lain, 6,7 inch. Kemampuan kameranya lebih maksimal, di mana sensor utama pixelnya lebih besar dari iPhone 12 Pro. Dengan harga termahal, iPhone 12 Pro Max cocok bagi yang anggarannya tinggi dan ingin ponsel ukuran besar.

Sebaliknya, iPhone 12 Pro Max tidak sesuai bagi yang budget pembelian ponselnya terbatas karena harganya tembus sekitar Rp 20 juta. Atau meskipun punya duit untuk menebusnya, memang tidak ingin punya ponsel yang terlalu jumbo.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)