iPhone 12 Masih Dijual dengan EarPods di Negara Ini

iPhone 12 Masih Dijual dengan EarPods di Negara Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 18:12 WIB
iPhone 12
iPhone 12 Masih Dijual dengan EarPods di Negara Ini (Foto: Apple)
Jakarta -

Apple tidak lagi menyertakan adaptor charger dan earphone kabel di dalam kotak penjualan iPhone 12 dan beberapa model iPhone lainnya. Tapi kebijakan ini sepertinya tidak diterapkan secara global karena Apple masih menyertakan EarPods bersama iPhone yang dijual di Prancis.

Dikutip detikINET dari MacRumors, Jumat (16/10/2020) dalam situs resmi Apple di Prancis, semua iPhone termasuk iPhone 12 masih mendapatkan EarPods dengan konektor Lightning dan kabel Lightning ke USB-C. Tapi adaptor charger tetap absen di paket penjualannya.

Disertakannya EarPods dalam paket penjualan iPhone dikarenakan regulasi di Prancis yang mengharuskan semua smartphone untuk memberikan 'alat bebas genggam' untuk melindungi anak-anak berusia di bawah 14 tahun dari potensi risiko radiasi elektromagnetik.

Jika ketahuan mempromosikan penggunaan smartphone tanpa aksesoris handsfree di Prancis, siap-siap mendapatkan denda sebesar 75.000 Euro untuk individu atau 350.000 Euro untuk perusahaan seperti Apple.

iPhone 12 dengan EarPodsiPhone 12 dengan EarPods di situs Apple Prancis Foto: MacRumors

Seperti diberitakan sebelumnya, Apple tidak menyertakan EarPods dan adaptor charger di dalam paket penjualan semua varian iPhone 12. Selain itu, iPhone 11, iPhone XR dan iPhone SE juga tidak akan dijual dengan aksesoris tersebut.

Apple mendorong konsumen untuk menggunakan adaptor Apple atau earphone yang mereka punya, atau membeli aksesoris ini secara terpisah. Untuk meringankan konsumennya, Apple memotong harga EarPods dengan konektor Lightning menjadi USD 19.

Sedangkan untuk adapter charger, Apple menjual charger 20W baru dengan harga USD 19. Adapter baru ini menggantikan adapter 18W yang dijual dengan harga USD 29 dan digunakan oleh lini iPhone 11.

Kebijakan baru ini dilakukan Apple untuk memotong biaya produksi dan menekan harga iPhone 12. Selain itu kebijakan ini akan membuat produk Apple lebih ramah lingkungan karena bisa mengurangi emisi karbon.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)