5 Kriteria Smartphone Kaum Sultan

5 Kriteria Smartphone Kaum Sultan

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 15 Okt 2020 21:51 WIB
Galaxy Z Fold 2
Ini kriteria ponsel 'sultan' (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Smartphone tidak sekadar alat komunikasi. Lebih dari itu, smartphone kerap dijadikan simbol kesuksesan dan bahkan status sosial seseorang.

Tapi tidak sembarang, ada kriteria khusus sebuah perangkat dianggap sebagai smartphone kaum 'sultan'. Apa saja?

1. Mewah

Seorang 'sultan' biasanya menggunakan perangkat serba mewah. Dan sebuah kemewahan terkadang harus dibayar dengan uang yang tidak sedikit pula.

Di Indonesia, kriteria smartphone sultan haruslah harganya di atas Rp 30 juta. Saat ini cuma Galaxy Z Fold2 yang masuk dalam radar. Smartphone Samsung ini dibanderol Rp 33.888.000.

2. Inovasi Terkini


Smartphone para sultan biasanya lain daripada yang umum di pasaran. Lantaran perangkat tersebut mengusung teknologi yang sangat baru.

Saat ini smartphone layar lipat lah yang dianggap paling inovatif di pasaran. Pasalnya bukan perkara mudah dalam pengembanganya. Demikian pula dalam hal proses pembuatannya.

Jadi jangan heran jika jumlah smartphone layar lipat bisa dihitung jari. Dan Samsung dinilai yang terdepan untuk hal tersebut.

Sudah tiga generasi smartphone layar lipat yang dilahirkan oleh Samsung. Paling baru adalah Galaxy Z Fold2. Smartphone ini tidak lagi menggunakan polymide seperti pendahulunya, berganti dengan kaca fleksibel yang dinamakan Ultra Thin Glass pada layarnya.

Jenis layar tersebut belum ada yang menggunakan selain Galaxy Z Fold2. Ditambah lagi sistem engselnya yang canggih.

Mengusung mekanisme dual CAM yang memudahkan Galaxy Z Fold2 berdiri dan memungkinkan penerapan mode Flex yang bikin pengalaman menggunakan ponsel layar lipat jauh lebih maksimal.

Galaxy Z Fold 2Galaxy Z Fold2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

3. Pengalaman Baru

Smartphone milik 'sultan' seharusnya memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Kalau ponsel full screen rasanya biasa-biasa saja. Lain cerita nih kalau layarnya bisa dilipat, ini akan memberikan sensasi baru dalam menggunakan sebuah smartphone.

Ibarat kata, dengan menggunakan smartphone layar lipat seolah membawa dua perangkat sekaligus, yakni ponsel dan tablet.

Jika sekadar untuk berkomunikasi, cukup menggunakan layar di bagian cover. Begitu ingin multitasking atau menikmati konten lebih maksimal tinggal buka saja layar lipatnya. Dengan layar yang lebih lapang tentu akan melegakan pandangan mata.

4. Spesifikasi Kelas Wahid


Smartphone untuk 'sultan' tentunya dibekali spesifikasi yang tidak cupu. Seperti Galaxy Z Fold2 yang dianggap ponselnya para 'sultan', dapur pacunya kelas wahid.

Layarnya menggunakan Dynamic AMOLED 2X yang menyajikan warna yang lebih kaya dan detail. Ditambah lagi Adaptive Refresh Rate 120 Hz, bikin scroll halaman dan bermain game lebih mulus.

Galaxy Z Fold2 ditenagai Snapdragon 865+ yang merupakan chipset terkencang di ponsel Android. Berpadu dengan RAM LPDDR5 12 GB dan memori internal UFS 3.1 256b GB menjamin ponsel ini bebas lag.

Galaxy Z Fold 2Galaxy Z Fold2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

5. Kaya Fitur

Smartphone untuk para 'sultan' haruslah kaya fitur guna menunjang kegiatannya.

Galaxy Z Fold2 bisa menjadi contoh. Smartphone ini dibekali kamera berkemampuan mumpuni. Ada mode Pro Video, Single Take, Bright Night, dan Night Mode siap mengabadikan momen dengan kualitas yang menakjubkan.

Galaxy Z Fold2 mampu menyelaraskan produktivitas pengguna dengan kemampuan multitasking yang maksimal. Bayangkan dalam satu layar dapat membuka tiga aplikasi secara bersamaan dan melihatnya secara berdampingan.



Simak Video "Hp Keren Tapi Rp 33 Juta, Hmm..."
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)