Dijual Terpisah dari iPhone 12, Charger dan EarPods Turun Harga

Dijual Terpisah dari iPhone 12, Charger dan EarPods Turun Harga

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 15 Okt 2020 16:53 WIB
iPhone 12
Tak Dijual Bareng iPhone, Apple Pangkas Harga Charger dan EarPods (Foto: Apple)
Jakarta -

Setelah rumor berbulan-bulan, Apple akhirnya mengumumkan iPhone 12 akan dijual tanpa charger dan earphone kabel. Satu-satunya aksesoris yang diberikan dalam kotak penjualan adalah kabel Lightning ke USB-C.

Jadi pembeli iPhone baru harus membeli adapter charger dan EarPods secara terpisah jika tidak memilikinya di rumah. Untungnya Apple memotong harga kedua aksesoris ini.

Dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (15/10/2020) Apple menurunkan harga EarPods dengan konektor Lightning dari harga USD 29 menjadi USD 19.

Sedangkan untuk adapter charger, Apple menjual charger 20W baru dengan harga USD 19. Adapter baru ini menggantikan adapter 18W yang dijual dengan harga USD 29 dan digunakan oleh lini iPhone 11.

Jika kalian butuh membeli keduanya, artinya ada biaya tambahan sebesar USD 38 atau sekitar Rp 560 ribuan di luar jumlah yang kalian bayarkan untuk iPhone 12.

Perlu dicatat bahwa keputusan Apple untuk tidak lagi menyertakan charger dan EarPods tidak terbatas hanya untuk iPhone 12 saja. iPhone 11, iPhone XR dan iPhone SE juga tidak akan dijual dengan kedua aksesoris tersebut dan hanya akan mendapatkan kabel Lightning ke USB-C saja.

Jadi jika kalian mempertimbangkan untuk membeli salah satu dari ketiga ponsel lawas tersebut, kalian juga mungkin harus membeli charger dan earphone secara terpisah.

Kebijakan baru ini dilakukan Apple untuk memotong biaya produksi dan menekan harga iPhone 12. Vice President Environmental, Social and Policy Initiatives Apple Lisa Jackson mengatakan selain memangkas biaya produksi, kebijakan baru ini juga akan membuat Apple menjadi lebih ramah lingkungan karena mengurangi limbah.



Simak Video "Bocoran iPhone 12 yang Siap Meluncur Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)