iPhone Disamakan dengan Toyota Camry, Kalau Android?

iPhone Disamakan dengan Toyota Camry, Kalau Android?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 13 Okt 2020 22:37 WIB
A man holds the newly released Apple iPhone XS and XS Max during a product demonstration following the Apple launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Apple iPhone. Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Malam ini, iPhone 12 hampir pasti diperkenalkan secara resmi oleh Apple. Seperti generasi sebelumnya, iPhone 12 pun diprediksi laris manis. Kemudahan penggunaan dan andal menjadi sebagian keunggulannya. Malah, iPhone disamakan dengan mobil Toyota Camry.

"Dalam beberapa hal, iPhone seperti sebuah Toyota Camry, sebuah mesin yang menawarkan kefamiliaran dan keandalan dibandingkan fun, produktivitas, kecepatan, performa, inovasi dan fitur masa depan. Itu bukanlah hal yang buruk," tulis David Goldman, kolumnis bisnis CNN, Selasa (13/10/2020).

Menurutnya, Camry adalah mobil bagus dan Toyota menjualnya sangat banyak tiap tahun untuk orang yang hanya ingin sampai dari poin A ke poin B, tanpa harus khawatir tentang tombol atau mode kemudi. Hal yang sama juga berlaku bagi iPhone.

"Mungkin akan punya beberapa fitur manis, barangkali kamera lebih baik, 5G, dan layar refresh rate tinggi. Bahkan dengan redesain, warna berbeda dan prosesor lebih cepat, tetap punya rasa dan bentuk iPhone familiar, lengkap dengan pengalaman software iOS yang kita sudah terbiasa selama 13 tahun," begitu opininya.

Benar memang iPhone ada beberapa varian. Tapi itupun sama saja dengan Toyota Camry yang punya versi bawah ataupun versi atas dengan wujud dan kemampuan kurang lebih sama.

Lalu bagaimana dengan ponsel Android? Bedanya adalah jauh lebih banyak pilihan produk. Wajar saja memang, banyak vendor yang berkecimpung di jagat ponsel Android. "Anda ingin Ferrari? Bisa beli Samsung Note 20 Ultra 5G yang punya semua hal papan atas," tulis David.

"Atau Anda berada dalam posisi untuk beli Honda Fit karena uang ngepas? Tak masalah. Bisa beli Moto G dengan USD 169 yang fiturnya dipangkas, tapi punya semua hal yang penting dalam harga terjangkau," lanjutnya.

Kalau mau yang unik, ada ponsel layar lipat Z Fold atau Razr. Masih banyak lagi pilihan yang lain tergantung selera pengguna, misalnya ada yang khusus dibuat untuk ngegame atau sektor kamera luar biasa. "iPhone didesain untuk setiap orang. Anda bisa menemukan ponsel Android yang rasanya didesain untuk Anda," pungkas David.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)