Pasar PC Alami Pertumbuhan Tertinggi dalam 10 Tahun

Pasar PC Alami Pertumbuhan Tertinggi dalam 10 Tahun

Josina - detikInet
Minggu, 11 Okt 2020 22:15 WIB
ilustrasi komputer
Foto: unsplash
Jakarta -

Pasar PC global tumbuh 13% pada kuartal ketiga tahun 2020 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, naik menjadi 79,2 juta unit.

Menurut analis pasar teknologi Canalys, angka tersebut menjadi pertumbuhan terbesar dalam 10 tahun terakhir. Mereka mencatat bahwa di kuartal pertama 2020, pengapalan PC mengalami penurunan.

Namun demikian, pengiriman di kuartal kedua menguat dan terys berlanjut hingga kuartal ketiga. Pengiriman notebook di seluruh dunia mencapai 64 juta unit di tengah permintaan besar akibat dampak dari pandemi COVID-19 yang memaksa banyak karyawan untuk bekerja dari rumah.

Pengiriman laptop dan mobile workstation bergerak naik 28,3% dari tahun ke tahun. Sebaliknya, desktop dan workstation desktop mengalami penurunan pengiriman sebesar 26%.

Dilansir detikINET dari CNET, Lenovo mendapatkan posisi teratas di pasar selama kuartal ketiga, dengan pertumbuhan 11,4% dan pengiriman mencapai lebih dari 19 juta unit.

Lalu berikutnya ada HP yang mengalami pertumbuhan 11,9% dan mencapai 18,7 juta unit dikirim. Dell menempati posisi ketiga menyusul penurunan 0,5% dalam pengiriman dibandingkan tahun lalu. Apple dan Acer masing-masing berada di tempat keempat dan kelima dengan pertumbuhan 13,2% dan 15%.

"Vendor, rantai pasokan, dan channel kini punya waktu untuk berjaya dan mengalokasikan sumber daya untuk memasok notebook, yang terus terdapat permintaan besar-besaran baik dari bisnis dan konsumen," kata analis Canalys Ishan Dutt dalam rilisnya.

"Efek yang bertahan lama dari pandemi ini pada cara orang bekerja, belajar, dan berkolaborasi akan menciptakan peluang yang signifikan bagi vendor PC di tahun-tahun mendatang," tambah direktur riset Canalys, Rushabh Doshi.

"Meskipun fokusnya adalah pada permintaan PC komersial dalam dua kuartal terakhir, belanja konsumen selama musim liburan akan membawa lebih banyak kegembiraan ke pasar PC." tambahnya.



Simak Video "Suasana Rumah Duka Mendiang CEO Samsung Lee Kun-hee"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)