Xiaomi Kenalkan Fitur yang Bikin Game Makin Ngebut

Xiaomi Kenalkan Fitur yang Bikin Game Makin Ngebut

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 07 Okt 2020 22:37 WIB
Mi 10 Ultra
Xiaomi Kenalkan Fitur yang Bikin Game Makin Ngebut (Foto: Sina Mobile)
Jakarta -

Xiaomi mengenalkan fitur terbaru yang bisa membuat gaming di ponsel menjadi lebih ngebut. Fitur bernama RAMDISK tersebut akan menginstal game langsung di RAM dan bukan di memori internal.

Fitur ini sedang diuji coba untuk Mi 10 Ultra yang memiliki RAM 16 GB. Teknologi seperti ini sebenarnya sudah digunakan oleh kebanyakan komputer, tapi baru kali ini diluncurkan untuk ponsel.

Dikutip detikINET dari South China Morning Post, Rabu (7/10/2020) RAMDISK memungkinkan ponsel untuk menggunakan sebagian RAM sebagai ruang penyimpanan. Karena disimpan di RAM, game dan aplikasi bisa diinstal dan dijalankan dengan lebih cepat.

Head of Smartphones Xiaomi Zeng Xuezhong mengatakan game yang diinstal dan dijalankan di RAM bisa lebih cepat 40-60% dibandingkan game yang diinstal di memori internal.

Ia mengatakan game seperti Peacekeeper Elite, yang merupakan PUBG Mobile versi China, bisa diinstal di RAM dalam waktu 10 detik dibandingkan dengan 19 detik jika diinstal di memori internal.

Teknologi ini tidak hanya membuat proses instalasi lebih cepat, tapi juga waktu loading game. RAM 16 GB LPDDR5 yang digunakan Mi 10 Ultra bisa mencapai kecepatan hingga 44 GB/detik. Sedangkan memori internal UFS 3.1 yang digunakan memiliki kecepatan baca dan 1.700 MB/detik dan kecepatan tulis 750 MB/detik.

Xiaomi RAMDISKXiaomi RAMDISK Foto: Xiaomi via Weibo

Saat ini fitur RAMDISK Xiaomi belum tersedia untuk semua game dan masih dalam tahap uji coba. Baru ada sekitar 10 game yang didukung teknologi ini yang sebagian besar adalah game China seperti Peacekeeper Elite, QQ Speed dan Honour of Kings.

Penggunaan teknologi seperti RAMDISK di ponsel sebelumnya terhalang kapasitas RAM ponsel yang tidak begitu besar. Tapi kini dengan ponsel flagship dan ponsel gaming yang memiliki RAM hingga 16 GB hal itu tidak lagi jadi masalah.

Jadi pengguna Mi 10 Ultra bisa menggunakan RAM 8 GB sebagai tempat penyimpanan aplikasi dan game, dan masih memiliki sisa 8 GB untuk menjalankan fungsi-fungsi lain.

Selain itu, ada hal lain yang kurang mengenakkan. RAM akan dibersihkan jika ponsel di-reboot atau baterainya habis, jadi jika kalian sedang main game dan baterai habis maka game akan menghilang dari ponsel.

Jadi game yang diinstal di RAM memiliki ikon petir di layar utama agar pemilik ponsel tahu bahwa game ini akan menghilang setelah ponsel di-reboot. Untungnya Xiaomi menawarkan opsi untuk memindahkan game yang diinstal di RAM ke memori internal ponsel.



Simak Video "Xiaomi Produksi HP Pakai Robot, Gimana Nasib Karyawan?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)