Pixel 5 Kok Masih Pakai Sensor Jadul, Google?

Pixel 5 Kok Masih Pakai Sensor Jadul, Google?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 03 Okt 2020 21:15 WIB
Google Pixel 5
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Pixel 5 yang baru diluncurkan oleh Google ternyata memakai sensor kamera belakang yang terbilang jadul, yaitu IMX363.

Sensor yang sama sudah dipakai oleh Google sejak Pixel 3, lalu dipakai di Pixel 4 dan 3A, kemudian kembali dipakai di Pixel 5 (dan juga Pixel 4A 5G). Kira-kira apa ya alasan Google tetap memakai sensor kamera jadul ini?

Google menyebut penggunaan IMX363 yang punya resolusi 12,2 megapixel ini bisa membantu tim kamera Pixel untuk melanjutkan pengembangan algoritma yang mereka pakai dari generasi sebelumnya, karena memakai sensor yang sama.

Penggunaan sensor jadul ini pun sempat disinggung oleh mantan engineer Google yang mengembangkan software kamera untuk Pixel, yaitu Marc Levoy. Dalam sebuah wawancara, Levoy menyebut penggunaan sensor yang lebih baru belum dibutuhkan untuk saat ini.

Pasalnya peningkatan kualitas gambar antara IMX363 dengan sensor yang lebih baru itu memang ada, namun tak terlalu signifikan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (3/10/2020).

"Industri sensor mobile saat ini sudah matang. Peningkatan itu ada, namun peningkatan itu terus menurun selama beberapa tahun terakhir," ujar Levoy.

Google sendiri menjanjikan kalau hasil jepretan kamera Pixel 5 tetap mempunyai peningkatan yang cukup besar, salah satunya karena fitur HDR+. Google punya sejumlah algoritma baru di Pixel 5, termasuk exposure bracketing.

Meski memakai sensor lama, bukan berarti tak ada pembaruan kamera dari segi hardware. Pasalnya Pixel 5 kini mempunyai kamera dengan lensa ultrawide, menggantikan lensa tele yang ada di Pixel 4.

Menurut Google, kemampuan lensa foto bisa dihasilkan lewat fitur Super Res Zoom yang sudah ada sejak Pixel 3, yaitu meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan lewat zoom digital. Sementara lensa ultrawide bisa menghasilkan foto dengan perspektif yang jauh berbeda.



Simak Video "Fitur-fitur Terbaru di Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)