Google Tak Yakin Ponsel Pixel 5 Laku Keras, Kenapa?

Google Tak Yakin Ponsel Pixel 5 Laku Keras, Kenapa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 02 Okt 2020 10:50 WIB
Pixel 5
Google Pasang Target Rendah untuk Penjualan Pixel 5 Foto: GSM Arena
Jakarta -

Google baru saja meluncurkan ponsel terbarunya Pixel 5. Tapi mereka memasang target rendah untuk penjualan Pixel 5 tahun ini karena beberapa faktor.

Nikkei Asia melaporkan Google hanya akan memproduksi 800.000 unit Pixel 5 tahun ini. Secara total mereka hanya akan memproduksi 3 juta unit Pixel 5, Pixel 4A dan Pixel 4A 5G, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (2/10/2020).

Pemasangan target penjualan yang rendah kabarnya dikarenakan pandemi virus Corona dan penjualan ponsel Pixel yang tidak sesuai target pada tahun lalu. Pada tahun 2019, Google menjual 7,2 juta unit ponsel Pixel, beda jauh jika dibandingkan dengan target 8-10 juta unit yang dipasang.

Pada enam bulan pertama di tahun 2020, Google hanya mengapalkan 1,5 juta unit ponsel, turun drastis dari 4,1 juta unit yang terjual pada paruh pertama tahun 2019 saat Google mengenalkan ponsel kelas menengah pertamanya, Pixel 3A.

Pandemi COVID-19 juga memaksa Google untuk menunda produksi Pixel 4A dan mengusik rencana pemasaran ponsel mereka tahun ini. Ponsel terjangkau seperti Pixel 4A memang memiliki margin keuntungan yang rendah, tapi bisa mendorong volume penjualan.

Pandemi ini juga mengganggu rencana Google untuk memproduksi Pixel 5 dan Pixel 4A di Vietnam pada tahun ini. Sejauh ini hanya Pixel 4A yang telah diproduksi di Vietnam, sedangkan Pixel 5 diproduksi di Shenzhen, China.

"Google memberikan perkiraan pesanan yang relatif konservatif tahun ini karena Pixel 4 andalannya tidak laku tahun lalu, dan karena COVID-19 menyebabkan tim mereka untuk tetap main aman terkait handset," kata sumber yang dekat dengan Google kepada Nikkei.

Google memamerkan Pixel 5 dan Pixel 4A 5G di event Launch Night In pada hari Raby lalu. Mereka juga mengumumkan kehadiran sejumlah perangkat pintar seperti Chromecast baru dan speaker pintar Nest Audio.

Pixel 5 meluncur dengan Snapdragon 765G dan dilepas dengan harga USD 699. Sedangkan Pixel 4A 5G yang spesifikasinya hampir mirip dengan Pixel 5 dibanderol USD 499.



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)