Windows XP Punya Tampilan Rahasia yang Mirip Mac

Windows XP Punya Tampilan Rahasia yang Mirip Mac

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 27 Sep 2020 14:35 WIB
Tampilan Windows XP Versi Awal
Foto: Istimewa/The Verge
Jakarta -

Bocornya source code Windows XP mengungkap bahwa OS buatan Microsoft itu sempat punya tema tampilan yang mirip Mac.

Tema ini dibuat Microsoft saat pengembangan Windows XP versi awal pada tahun 2000, namun kemudian tak dirilis ke publik, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (27/9/2020).

Microsoft menamai tema tersebut dengan nama Candy, dan mempunyai desain yang mirip dengan tampilan antarmuka Apple bernama Aqua, yang pertama diperkenalkan ke publik di Macworld Conference & Expo pada 2000.

Meski tema Candy tersebut belum selesai dikembangkan, tombol Start Windows XP dan sejumlah tombol lain serta berbagai elemen tampilan antarmuka yang sudah dibuat terlihat sangat mirip dengan Apple Aqua.

Pada akhirnya Microsoft memang tak pernah merilis Candy ke publik dan hanya muncul dalam source code Windows XP versi awal. Pengembang Windows terlihat menggunakan tema ini sebagai dasar untuk membuat mesin tema di Windows XP.

Candy sendiri dideskripsikan sebagai 'Whistler skin with eye candy', dan ditandai sebagai tema untuk penggunaan internal. Sebagai informasi, Whistler adalah kode untuk Windows XP.

Tema yang pada akhirnya dipakai di Windows XP adalah Luna, dengan warna dasar biru dan hijau. Mesin tema sendiri pada akhirnya menjadi salah satu pembaruan besar yang ada di OS buatan Microsoft, di mana pengembang pihak ketiga bisa membuat temanya sendiri.

Windows XP adalah OS yang hadir saat Microsoft berkompetisi sangat ketat dengan Apple. Apple sendiri pada tahun 2000 pernah mengejek Microsoft dengan sebutan, 'Redmond, start your photocopiers'. Apple juga merilis iklan yang berfokus pada celan yang ada di Windows, utamanya di Windows Vista yang sering disebut sebagai produk gagal.

Selama tahun 90 sampai 2000, Windows bisa dibilang punya desain yang terinspirasi oleh Mac OS klasik, yang kemudian menjadi OS X. Sementara itu, Apple pun 'meminjam' sejumlah fitur yang ada di Windows, termasuk fitur window, navigasi, control panel, folder, dan lain sebagainya.



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)