Ponsel Layar Lipat Diprediksi Bakal Menjamur

Duel Ponsel Layar Lipat

Ponsel Layar Lipat Diprediksi Bakal Menjamur

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 19 Sep 2020 13:39 WIB
Mate X di Jakarta
Salah satu jenis ponsel layar lipat, Huawei Mate X (Foto: Adi Fida Rahman/detikinet)
Jakarta -

Ponsel layar lipat akan jadi evolusi smartphone berikutnya. Di masa depan, desain dan teknologi ponsel yang unik ini bakal menjamur dan digunakan banyak orang.

Prediksi ini disampaikan pengamat gadget Lucky Sebastian. Menurutnya, tidak lama lagi akan banyak vendor, termasuk Apple, merilis smartphone dengan konsep yang sama.

"Setelah sekian lama kita berkutat dengan smartphone bentuk candy bar, layar lipat akan menjadi jawaban dari sisi desain dan fungsi baru smartphone. Misalnya, smartphone bisa sekaligus menjadi tablet, multitasking yang lebih baik, dan teknologi yang lebih baru," komentar Lucky saat dihubungi detikINET.

Dijelaskannya, smartphone layar lipat ini selangkah lebih dekat dari cita-cita pengguna, yakni satu perangkat yang bisa melakukan segala keperluan digital, tanpa terbagi lagi antara smartphone dan laptop.

Lalu apakah ponsel dengan desain yang umum dikenal seperti sekarang akan benar-benar tergeser oleh keberadaan ponsel layar lipat nantinya?

"Masih butuh waktu lama untuk layar lipat bisa mencapai harga ekonomis di semua segmen seperti smartphone candy bar. Smartphone layar lipat sekarang istilahnya 'raise the bar' menduduki puncak segmen premium, yang tentu saja semakin banyak tipe akan semakin populer," kata Lucky.

Dia menyebutkan, ponsel biasa akan tetap ada karena alasan kepraktisan dan biaya. Sedangkan ponsel layar lipat, meski akan menjadi mainstream di masa depan, menurut Lucky masih perlu waktu lama.

"Tidak dalam waktu dekat ini. Tetapi setelah beberapa saat atau mungkin masih dalam hitungan tahun, teknologi layar mungkin saja semakin maju dan keluar lagi tipe yang lebih baru sehingga bisa lebih ekonomis. Sekarang layar AMOLED saja mulai banyak digunakan smartphone mid-end yang harganya semakin bawah. Suatu saat layar lipat juga akan demikian," ujarnya.

Menurut Lucky, ketika nanti sudah banyak vendor memproduksinya, tentu selain karena berlaku hukum ekonomi, dengan jumlah yang lebih banyak, produksi akan lebih murah, dan harganya akan lebih terjangkau.

"Ini (ponsel layar lipat) akan menjadi 'pengganti' smartphone candy bar, dimulai dari flagship, kemudian akan semakin banyak hingga bisa masuk segmen mid-end. Tapi memang butuh waktu," tutupnya.



Simak Video "Sederet Fitur Flagship Samsung Kini Bisa Dicicipi di Galaxy A71"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)