Apple Watch Baru Dijual Tanpa Adapter Charger

Apple Watch Baru Dijual Tanpa Adapter Charger

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 17 Sep 2020 11:30 WIB
Apple Watch
Apple Watch Baru Dijual Tanpa Adapter Charger Foto: Apple
Jakarta -

Apple baru saja mengumumkan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE di event bertajuk 'Time Flies'. Tapi pembeli kedua jam tangan pintar ini sepertinya akan sedikit terkejut karena di dalam kotak penjualannya tidak ada satu aksesoris penting.

Dalam kotak penjualan beberapa Apple Watch baru, Apple tidak akan menyertakan adapter charger dan hanya memberikan kabel pengisi daya magnetis.

Vice President of Environment, Policy and Social Initiatives Apple Lisa P Jackson mengatakan perubahan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Apple untuk ramah lingkungan dan mengurangi jejak karbonnya.

"Kadang, bukan apa yang kita buat, tapi apa yang kita tidak buat yang penting," kata Jackson saat mengumumkan kebijakan tersebut di event Apple, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (17/9/2020).

Jackson menambahkan Apple tahu bahwa pelanggannya sudah mengumpulkan banyak adapter USB. Produksi jutaan adapter telah menghabiskan sumber daya dan hanya menambah jejak karbon Apple.

Perubahan ini tidak akan diterapkan ke semua Apple Watch baru. Untuk Apple Watch yang dijual dengan casing dan tali mewah dikecualikan dari kebijakan ini, termasuk model yang hadir dengan casing titanium dan model yang menggunakan tali berbahan kulit yang dirancang oleh Hermes.

Berdasarkan informasi di situs Apple, kedua model tersebut masih dijual dengan adapter charger. Kedua model tersebut juga dibanderol dengan harga jauh lebih tinggi dibanding model regulernya, mulai dari USD 800.

Apple tidak langsung memberi penjelasan mengapa model high-end ini masih dijual dengan adapter, atau apakah keputusan menanggalkan adapter di varian non-mewah ada kaitannya dengan memotong biaya produksi.

Sepertinya kebijakan baru ini tidak akan terbatas untuk Apple Watch baru saja. Jurnalis Bloomberg, Mark Gurman mengatakan bisa saja iPhone 12 yang akan diumumkan bulan depan juga tidak akan dijual dengan adapter charger.

Beberapa waktu yang lalu memang berhembus rumor yang mengatakan Apple tidak akan mengapalkan iPhone baru dengan charger di dalam kotak kemasannya agar lebih ramah lingkungan.

"Itu dia: Apple menghilangkan adapter daya USD dari Apple Watch. Bulan depan: iPhone," tulis Gurman dalam cuitan di akun Twitter-nya.



Simak Video "Tampilan Baru Apple Watch 6 dan SE Bergaya Solo Loop"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)