Menakar Kebolehan Kamera Huawei P40 Series, Seberapa Jago?

Menakar Kebolehan Kamera Huawei P40 Series, Seberapa Jago?

Yudistira Imandiar - detikInet
Selasa, 15 Sep 2020 10:40 WIB
Huawei P40 Pro
Foto: Huawei
Jakarta -

Sebagai bagian dari famili Huawei Seri P, Huawei P40 hadir dengan mengunggulkan sektor kamera. Ada segenap teknologi dan fitur jagoan yang dibawa kamera Huawei P40 Series.

Kedua varian dari Huawei P40 Series hadir dengan karakteristik kamera yang berbeda. Diferensiasi yang paling kentara, yakni Huawei P40 datang dengan tiga kamera belakang, sedangkan Huawei P40 Pro memiliki empat kamera, dan Huawei P40 Pro+ punya lima kamera.

Namun, triplet Huawei P40 Series ini tetap punya kesamaan dalam teknologi kameranya. Ketiganya dibekali kamera utama 50 megapixel dengan sensor SuperSensing didukung teknologi RYYB yang mampu menyerap lebih banyak cahaya untuk menghasilkan foto cerah dan tajam. Sensor CMOS yang dibawa berukuran 1/1.28in, yang notabene lebih besar dari sensor kamera smartphone kebanyakan. Sistem penyatuan 4-in-1 pixel menjadikan gambar yang diambil kian tajam.

Huawei P40 ProFoto: detikInet/Alfi Kholisdinuka

Persamaan lain dari kamera ketiga varian Huawei P40 Series, yaitu adanya kamera wide-angle meskipun resolusinya berbeda-beda. Huawei P40 dapat jatah kamera sudut lebar 16 megapixel dengan panjang fokus 17mm, sedangkan P40 Pro dan Pro+ kebagian kamera sudut lebar 40 megapixel dengan panjang fokus 18mm. Kamera tersebut juga berperan sebagai kamera sinematik untuk membuat video berkualitas 4K.

Urusan kemampuan zoom perangkat keras atau optical zoom, masing-masing punya kemampuan berbeda. Si Bungsu Huawei P40 diberikan kamera dengan 3x optical zoom, P40 Pro punya kebolehan 5x optical zoom, dan P40 Pro+ yang paling digdaya dengan 10x optical zoom.

Sistem pembesaran 5x zoom pada P40 Pro mengandalkan kamera 8 megapixel dipadukan teknologi RYYB SuperSensing. Huawei P40 Pro+ diberikan keistimewaan berupa kamera periscope dengan 10x zoom berduet dengan 3x optical zoom yang menghadirkan pembesaran gambar presisi dan tajam.

Sementara itu, Huawei P40 Pro dan P40 Pro+ sudah dilengkapi sensor kedalaman time-of-flight yang mampu menangkap objek foto beserta lingkungan sekitarnya untuk memproduksi foto berlatar belakang samar (bokeh) yang halus dan realistis di mode portrait.

Huawei P40 Pro detikInet/Reyhan Diandri Foto: Huawei

Setiap model Huawei P40 Series sudah memiliki teknologi dan fitur yang lengkap, seperti artificial intelligence (AI) untuk menghasilkan foto yang akurat hingga night mode yang membuat pengambilan gambar di malam hari tetap maksimal.

Teknologi AI kamera Huawei P40 Series kian maksimal dengan sistem proses gambar oleh prosesor Kirin 990 5G yang sudah dibekali Huawei Golden Snap. Teknologi Huawei Golden Snap memiliki beberapa fitur, antara lain AI Best Moment, AI Remove Passerby, dan AI Remove Reflection.

Beranjak ke kamera depan, semua varian Huawei P40 Series menggunakan dual camera dengan resolusi 32 megapixel yang dipasangkan dengan sensor kedalaman untuk foto portrait yang halus. Tersedia juga berbagai fitur pendukung untuk mendukung kebutuhan swafoto yang memuaskan.



Simak Video "Sederet Kelebihan Huawei Band 6 yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)