Smartwatch Bantu Jaga Kesehatan Fisik dan Mental Saat Pandemi

Smartwatch Bantu Jaga Kesehatan Fisik dan Mental Saat Pandemi

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 08 Sep 2020 22:36 WIB
Galaxy Watch 3
Smartwatch bantu jaga kesehatan fisik dan mental selama pandemi (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Selama pandemi ini penting untuk menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Hal itu bisa diwujudkan dengan smartwatch.

Demikian diutarakan Laila Munaf, Sport Enthusiast, saat Workshop Galaxy Watch 3 di Jakarta, Selasa (8/9/2020). Saat ini smartwatch dinilainya tidak sekadar untuk olahraga tapi sudah mampu menjawab kebutuhan gaya hidup sehat.

"Dengan smartwatch jadi tahu apakah kita cukup tidur, apakah minum banyak air dalam sehari, apakah terlalu banyak kafein. Fitur-fitur di smartwatch melengkapi apa yang harus dijalankan sehari-hari untuk membuat well being saya secara keseluruhan tercukupi," kata Liala.

Tapi memang smartwatch bisa menjadi alat tambahan olahraga yang penting. Salah satunya bantu memonitor detak jantung. Dengan mengetahui detak jantung, bisa menjawab apakah olahraga yang dilakukan memang terbaik untuk tubuhnya.

"Seperti kemarin saat saya mengajar, heart rate-nya terlalu tinggi. Karena saya gerak sambil ngomong dan ngeliatin peserta.Jadi itu bisa menjadi alert untuk mengingatkan kesehatan saya juga tak kalah penting dari (peserta) lainnya. Tapi (peserta) yang dilihat dari layar, saya tidak tahu mereka heart rate-nya seperti apa," ujar Laila.

Galaxy Watch 3Galaxy Watch 3 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Ada lagi fitur yang tidak kalah penting, yakni pemantau kadar oksigen di dalam darah (SpO2). Lantaran masih pandemi banyak orang yang berolahraga terpaksa mengenakan masker. Dengan fitur Sp02 bisa mengetahui berapa kadar oksigen dalam darah. Bilamana angkanya rendah artinya kadar oksigen kurang, maka harus dilakukan penyesuai olahraganya dan jangan memaksakan.

"Jangan dengarkan egomu, dengarkan tubuhmu. Olahraga penting, tapi tidak boleh memaksa," tegas Liala.

Guna memudahkan, smartwatch kini menawarkan sejumlah gerakan untuk membantu penggunanya berolahraga meski di rumah. Galaxy Watch 3 dicontohkannya, ada 120 program dengan 40 cabang yang disediakan dan bisa ditampilkan di televisi.

"Jadi dengan adanya bantuan smartwatch seperti Galaxy Watch 3 ini olahraga jadi lebih mudah, aman dan tenang," pungkasnya.



Simak Video "Tantangan Realme Pasarkan Produk saat Rupiah Terseok"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)