Pixel 4A Pakai Panel OLED Murah

Pixel 4A Pakai Panel OLED Murah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 15 Agu 2020 12:01 WIB
Google Pixel 4a
Foto: Google
Jakarta -

Google melengkapi Pixel 4A dengan panel OLED, yang biasanya hanya dipakai di ponsel mahal. Kok harganya bisa tetap murah?

Pixel 4A dijual dengan harga USD 349 atau sekitar Rp 5 jutaan. Biasanya ponsel di kelas harga ini menggunakan panel IPS, bukan OLED.

Belakangan terungkap bahwa panel OLED yang dipakai di Pixel 4A ini adalah panel yang harganya hanya sepertiga dari panel OLED yang lazim dipakai di ponsel flagship, demikian dikutip detikINET dari Wccftech, Jumat (14/8/2020).

Panel OLED yang dipakai di Pixel 4A ini menurut analis DSCC Ross Young bertipe rigid OLED, bukan flexible OLED yang dipakai di ponsel-ponsel flagship. Harga panel rigid ini hanya sepertiga dari panel flexibel.

Selain itu, pembuat panelnya bakal memberikan diskon yang menarik untuk pembelian panel OLED rigid dalam jumlah besar, yang tentunya bakal kembali menurunkan biaya produksi ponsel.

Pabrikan seperti Apple, menurut Young , memilih panel OLED fleksibel agar bisa membuat ponsel dengan bezel yang lebih kecil. Selain itu, penggunaan OLED fleksibel juga disebutnya menguntungkan untuk produksi ponsel 5G karena panel ini lebih tipis, sehingga ponsel bisa dibuat tetap tipis namun dengan jumlah antena yang lebih banyak.

Namun karena Pixel 4A hanya punya koneksi 4G, maka hal ini tak menjadi masalah besar. Namun menurut Young, untuk Pixel selanjutnya yang mendukung jaringan 5G, kemungkinan besar panel OLED yang dipakai adalah yang bertipe fleksibel, dan artinya harganya akan lebih tinggi.



Simak Video "Bongkar Dapur Produksi Video Geekster Detikcom!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)