Keren! DeX di Galaxy Note20 Bebas Kabel, Bikin Makin Produktif

Keren! DeX di Galaxy Note20 Bebas Kabel, Bikin Makin Produktif

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 11 Agu 2020 10:46 WIB
Samsung DeX
Fitur DeX di Galaxy Note20 memudahkan pengguna tetap produktif meski di bekerja di rumah.Foto: samsung
Jakarta -

Samsung melakukan peningkatan pada fitur DeX di Galaxy Note20 series. Kini pengguna tidak perlu kabel untuk menggunakan fitur ini sehingga bikin penggunanya makin produktif meski bekerja di rumah sekalipun.

DeX pertama kali diperkenalkan 2017 di Galaxy S8. Fitur ini memungkinkan ponsel menjadi desktop saat dihubungkan ke monitor. Hanya saja kala itu diperlukan docking untuk menghubungkan Galaxy S8 dengan monitor. Docking tersebut turut memiliki port USB untuk memasang mouse dan keyboard.

Tapi seiring waktu fitur ini terus ditingkatkan. Di Galaxy Note9, Samsung menghadirkan dongle port USB Type C ke HDMI.

Setahun berikutnya Samsung membuat makin ringkas. Untuk menggunakan DeX, pengguna hanya perlu menghubungkan monitor ke Galaxy Note10 memakai kabel USB Type C saja. Rasanya itu sangat praktis.

Tapi rupanya Samsung belum puas, dikembangkan lagilah fitur tersebut. Hasilnya bisa kita rasakan di Galaxy Note20. Pengguna dapat menggunakan DeX tanpa perlu kabel alias wireless. Tapi syaratnya monitor atau televisi memiliki fitur Miracast.

DeX di Galaxy Note20 bisa terhubung secara wireless ke Smart TV.DeX di Galaxy Note20 bisa terhubung secara wireless ke Smart TV. Foto: Samsung

Kehadiran DeX wireless akan sangat membantu bagi mereka yang kerap melakukan perjalanan bisnis. Mereka tidak perlu direpotkan membawa dongle atau kabel saat hendak presentasi. Cukup hubungkan Galaxy Note20 series ke televisi. Lalu jalankan mode DeX seketika materi presentasi yang telah dibuat di Galaxy Note20 bisa ditampilkan di layar yang lebih besar.

Makin sempurna memanfaatkan S Pen sebagai pointer atau remote presentasi. Dapat pula menggunakan Galaxy Note20 sebagai touchpad dengan kemampuan multi gesture atau keyboard untuk menambahkan catatan.

DeX di Galaxy Note20 bisa terhubung dengan TV sembari tetap bisa mengerjakan pekerjaan di ponsel. Foto: Samsung

Mendadak perlu menyelesaikan beberapa tugas sekaligus? Tenang, DeX bisa memberikan solusi praktis. Cukup jalankan DeX di Galaxy Note20 lalu hubungkan ke laptop Windows atau MacBook, seketika kamu seolah punya dua layar.

Pengguna pun tidak perlu rebutan perangkat dengan anaknya yang ingin mengikuti kelas online. Jalankan DeX di Galaxy Note20 lalu hubungkan dengan TV untuk menjalankan kelas online anak. Di saat bersamaan pengguna tetap bisa menyelesaikan pekerjaannya di Galaxy Note20. Kerenkan!



Simak Video "Unboxing Galaxy Note 20 Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)