S Pen di Galaxy Note20 Ultra Makin Mumpuni, Ini Buktinya

S Pen di Galaxy Note20 Ultra Makin Mumpuni, Ini Buktinya

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 10 Agu 2020 13:50 WIB
Galaxy Note 20 Ultra
S Pen di Galaxy Note20 Ultra punya lantensi 9ms. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Keberadaan S Pen tidak dapat dipisahkan dari Galaxy Note series. Di Galaxy Note20 Ultra, kemampuan stylus digital ini ditingkatkan.

Samsung membuat S Pen di Galaxy Note20 Ultra punya diameter ujung pena 0,7 mm dan tersertifikasi IP68. Paling menarik stylus ini punya latensi 9ms, meningkat jauh dari generasi sebelumnya yang punya latensi 42ms.

Apa keuntungannya? Semakin kecil latensi, membuat output akan cepat mengikuti pergerakan stylus. Sehingga pengalaman yang disajikan S Pen di Galaxy Note20 Ultra layaknya menulis di atas kertas menggunakan pena sungguhan.

Tapi tidak hanya itu, ada banyak kebolehan lain yang dipunyai S Pen di Galaxy Note20 Ultra yang sangat berguna bagi produktivitas. Pengguna bisa menulis di atas permukaan layar meski dalam kondisi tidak aktif atau terkunci. Hasil coretan tadi bisa disematkan di layar atau bisa dilihat di aplikasi Samsung Notes.

S Pen di Galaxy Note20Kemampuan S Pen di Galaxy Note20 Ultra ditingkatkan. Foto: Samsung

Tulisan tangan S Pen bisa convert ke teks yang dapat di-copy paste ke aplikasi lain. Ada pula kemampuan Auto Straighten yang dapat merapikan tulisan apapun yang keluar jalur. Air Action masih tersedia, hanya saja kemampuannya makin ditingkatkan. Sebagai contoh untuk mengaktifkan Screen Write, pengguna hanya perlu menggoyang-goyangkan S Pen layaknya lagi corat-coret.

Membuat gerakan panah ke kanan akan membuka aplikasi yang baru saja digunakan, sedangkan gerakan panah ke kiri akan membawa pengguna kembali ke layar sebelumnya. Gerakan panah ke atas akan membawa pengguna kembali ke layar Home lagi.

Samsung juga menambahkan fitur baru yang menarik di mana pengguna dapat merekam audio dan membuat catatan secara bersamaan. Pengguna dapat memutar audio ketika mereka kembali ke teks tertentu yang mereka tulis pada saat merekam.

Semua goresan tangan menggunakan S Pen di aplikasi Samsung Notes nantinya akan tersinkron ke Microsoft OneNote dan OutLook. Ini akan memudahkan pengguna membagikan catatan mereka.



Simak Video "Unboxing Galaxy Note 20 Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)