Cek Ponselmu, Sudah Dapat Pembaharuan Filter Google Play Store?

Cek Ponselmu, Sudah Dapat Pembaharuan Filter Google Play Store?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 27 Jul 2020 11:50 WIB
Ilustrasi google play store, Ilustrasi play store
Ilustrasi Google Play Store (Foto: Dok. detikINET)
Jakarta -

Seperti disebutkan sebelumnya pada bulan Mei silam, Google akan menambahkan filter pada hasil pencarian Google Play Store. Kini hal tersebut sudah makin gencar direalisasikan sepenuhnya.

Pembaharuan ini akan membantu mengurangi angka dari hasil pencarian. Misalnya, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan untuk mencari aplikasi dengan tipe tertentu dengan sekian jumlah bintang pada rating aplikasi.

Filter ini juga memungkinkan kamu tetap mendapatkan aplikasi dengan badge 'Editor's Choice'. Opsi ini tampil di bawah search bar, mirip dengan keyword suggestions.

Awalnya, fitur ini hanya diluncurkan pada pasar tertentu saja. Baru hari ini, AndroidPolice mengungkap Google sudah meluncurkan filter pencarian di Google Play Store ke pasar yang lebih luas.

Sayangnya, karena ini update dari sisi server, kamu tidak punya kontrol mengenai kapan filter ini bisa kamu dapatkan. Yang pasti, filter ini sudah terlihat pada versi 21.0.17 Play Store. Demikian melansir Phone Area.

Jadi bagaimana, detikers? Sudah muncul belum filternya? Pastinya akan membantu sekali untuk memastikan aplikasi yang diinstal di ponselmu terbilang aman dan terpercaya.

Diketahui, Google Play Store juga masih kerap menghadapi ancaman aplikasi berbahaya. Namun, secara berkala Google melakukan pemeriksaan untuk memastikan keamanan aplikasi yang ada di toko miliknya.

Studi terbaru juga pernah memperingatkan pengguna Android untuk lebih memperhatikan keamanan data mereka. Saran ini datang dari Comparitech yang berfokus pada Firebase -- mobile app development platform Google. Firebase sendiri diperkirakan digunakan hampir 30% dari seluruh aplikasi di Google Play Store.

Nah, studi dari Comparitech mengklaim 4,8% dari aplikasi mobile menggunakan Firebase untuk menyimpan data pengguna dengan tidak aman. Bahkan, ini memungkinkan siapa saja untuk mengakses data pribadi misalnya e-mail dan nomor telepon dikarenakan database yang tidak menggunakan password.

Comparitech menemukan 4.282 aplikasi membocorkan informasi sensitif dari 515 ribu sampel aplikasi, yang berarti sama dengan 18% dari seluruh aplikasi di Google Play Store, demikian dikutip dari Express UK.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)