Ponsel Samsung Bisa Gantikan KTP Warga Jerman

Ponsel Samsung Bisa Gantikan KTP Warga Jerman

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 26 Jul 2020 08:55 WIB
Galaxy S20 Ultra
Ponsel Samsung Bisa Gantikan KTP Warga Jerman Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Ponsel zaman sekarang fungsinya makin pintar saja. Seperti ponsel Samsung yang bisa digunakan warga Jerman untuk menyimpan kartu tanda kewarganegaraan mereka ke dalam bentuk elektronik (eID).

Fitur ini merupakan hasil kerjasama Samsung dengan German Federal Office for Information Security (BSI), Bundesdruckerei (bdr) dan Deutsche Telekom Security. Tapi fitur ini hanya akan tersedia di beberapa ponsel Samsung tertentu.

Dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (26/7/2020) fitur ini baru akan tersedia di seri Galaxy S20 mulai tahun ini. Untuk menggunakan fitur ini, warga negara Jerman harus mengunduh aplikasi Mobile ID buatan bdr via Play Store yang akan tersedia akhir tahun ini.

Pengguna tinggal tap kartu ID mereka yang sudah memiliki fitur NFC ke bagian belakang ponsel. Informasi yang ada di kartu ID akan dikirimkan ke otoritas terkait untuk diverifikasi.

Setelah diverifikasi, pengguna bisa menggunakan kredensial yang sudah disimpan untuk berbagai hal, misalnya mengakses layanan eGovernment dan membuka rekening bank.

samsung ktp jermanTampilan kartu identitas yang disimpan di ponsel Samsung Foto: Samsung

Setelah terdaftar, eID pengguna akan ditransfer ke lokasi yang aman di ponsel Samsung miliknya yaitu di chip embedded Secure Element (eSE) yang terpisah.

Chip ini digunakan untuk menyimpan data yang sensitif di dalam ponsel dengan isolasi dan perlindungan terhadap serangan kepada hardware dan percobaan untuk menyalin informasi yang ada di dalamnya.

Samsung mengatakan lini Galaxy S20 merupakan perangkat mobile pertama yang mendukung framework keamanan BSI. Warga Jerman yang menggunakan fitur ini juga akan memiliki kontrol penuh terhadap data mereka dan akan dilindungi dengan enkripsi tingkat tertinggi.

Samsung mengatakan ini hanya permulaan dan pengguna akan bisa menyimpan identitas penting lainnya seperti SIM, kartu asuransi kesehatan nasional, bahkan kunci mobil dan rumah di dalam chip eSE ini.

Jerman memang sedang mengembangkan program kartu identitas digital dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya mereka memungkinkan warga negaranya untuk menyimpan kartu identitas mereka ke dalam perangkat iOS 13.



Simak Video "Dear ARMY, Ini Harga Samsung Galaxy S20+ Edisi BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)