Red Velvet Cake adalah Nama Internal untuk Android 11

Red Velvet Cake adalah Nama Internal untuk Android 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 24 Jul 2020 14:44 WIB
Android 10 Logo
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google memang sudah mengganti penamaan Android dari yang sebelumnya memakai nama makanan manis, menjadi angka.

Langkah tersebut diambil Google saat mereka merilis Android 10, yang jika melihat urutan alfabet, seharusnya bernama Android Q. Namun secara internal Google masih menggunakan penamaan yang lama, yaitu menggunakan nama kue.

Contohnya Android Q yang secara internal dinamai 'Quince Tart'. Lalu untuk Android 2020 ada Android 11 yang baru-baru ini diungkap nama internalnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (24/7/2020).

Menurut VP of Engineering Android Dave Burke, secara internal Android 11 mempunyai nama 'Red Velvet Cake'. Hal ini diungkap Burke dalam sebuah wawancara dengan All About Android.

Penamaan ini mengikuti tradisi lama yang mengikuti urutan alfabet, dan Android 11 seharusnya bernama Android R. Namun tentunya secara resmi, Google menyebut OS ini sebagai Android 11.

Sebabnya pada saat mereka merilis Android 10, Google memutuskan untuk menggunakan angka yang dianggap lebih universal. Banyak penamaan Android yang tak lazim atau bahkan sulit dilafalkan di beberapa negara, termasuk di negara dengan jumlah pengguna Android yang sangat banyak seperti India dan Brasil.

Penggunaan nama makanan manis sendiri sudah ada sejak Android 1.5 dirilis pada 2009, yang diberi nama Cupcake. Sejak itulah setiap versi sistem operasi robot hijau milik Google ini diberi nama makanan manis, seperti Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, dan seterusnya.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)