Google Bakal Larang Beauty Mode di Android 11?

Google Bakal Larang Beauty Mode di Android 11?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 20 Jul 2020 13:51 WIB
Android 11
Google Akan Larang Beauty Mode di Android 11? Foto: Mobilesyrup.com
Jakarta -

Saat ini fitur kamera ponsel seperti beauty mode yang bisa memuluskan dan mengubah bentuk wajah sudah umum ditemukan. Tapi Google sepertinya akan mulai melarang fitur seperti ini sebagai default di Android 11.

Dikutip detikINET dari Peta Pixel, Senin (20/7/2020) Google mengajukan perubahan baru untuk API kamera di Android 11 yang akan mencegah ponsel menggunakan algoritma yang bisa mengubah geometri, warna kulit dan memuluskan wajah.

Hal ini diungkap oleh Editor-in-Chief XDA Developers Mishaal Rahman yang diunggah lewat Twitter. Update terbaru ini dimuat dalam Compatibility Definition Document untuk Android 11.

Aturan tersebut ditambahkan dalam ketentuan Camera API Behavior nomor [C-0-12].

"Untuk setiap android.hardware.camera2.CameraDevice atau android.hardware.CameraAPI, HARUS memastikan bahwa penampilan wajah TIDAK diubah termasuk dan tidak terbatas pada mengubah geometri wajah, warna kulit wajah, atau menghaluskan kulit wajah," tulis aturan baru tersebut.

Aturan baru dari Google ini bukan berarti akan melarang beauty mode secara keseluruhan di Android 11. Tapi mode ini tidak boleh menjadi mode default di kamera ponsel, dan versi default-nya tidak boleh mengubah wajah dalam bentuk apapun.

Ponsel buatan beberapa vendor memang menjadikan beauty mode sebagai mode default untuk mengambil selfie. Ada juga yang mode default-nya membuat sedikit perubahan pada wajah meski beauty mode telah dimatikan.

Belum diketahui apa alasan Google melarang vendor untuk mengaktifkan beauty mode secara default di Android 11. Tapi Slash Gear berspekulasi hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan ponsel untuk membuat konten deepfakes.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)