Samsung Galaxy Book S, Laptop Pertama Berprosesor Intel Hybrid

Samsung Galaxy Book S, Laptop Pertama Berprosesor Intel Hybrid

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 20 Jul 2020 12:30 WIB
Samsung Galaxy Book S
Foto: Dok. Samsung
Jakarta -

Samsung merilis laptop terbarunya yang bernama Galaxy Book S, yang memakai prosesor Intel Core dengan Hybrid Technology.

Sebagai informasi, Galaxy Book generasi sebelumnya menggunakan system on a chip buatan Qualcomm Snapdragon, yang memakai arsitektur ARM, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (19/7/2020).

Prosesor anyar Intel ini berkode Lakefield, dan didesain untuk perangkat ultra ringan. Ke depannya, prosesor ini juga bakal dipakai di Lenovo ThinkPad X1 Fold dan Surface Neo, dan prosesor ini bisa dibilang menjadi jagoan Intel untuk menantang arsitektur ARM.

Intel Lakefield menggunakan satu core kencang dan empat core hemat energi, atau secara total ada lima core dan lima thread, dalam satu chip. Kombinasi ini membuat perangkat bisa menawarkan kemampuan multithread tanpa mengkonsumsi daya yang besar.

Core hybrid yang dipakai ini menggabungkan core kencang Sunny Cove yang memakai arsitektur 10nm seperti Intel Ice lake, dengan core hemat daya Atom Tremont.

Teknologi yang dipakai adalah Foveros 3D dan menggunakan CPU dengan arsitektur hybrid untuk mendapat skalabilitas tenaga dan performa. Teknologi ini membuat Lakefield diklaim Intel sebagai perangkat terkecil yang punya performa Intel core dengan kompatibilitas Windows secara penuh.

Ada dua prosesor Lakefield yang dirilis Intel, yaitu Core i5-L16G7 (ini yang dipakai di Galaxy Book S) dan Core i3-L13G4, dan keduanya menggunakan arsitektur Ice Lake, lengkap dengan chip grafis Gen 11 dan dukungan WiFi 6.

Galaxy Book S dirancang sebagai laptop yang sangat mobile, dengan bobot tak sampai 1kg dan ketebalan 0,7 inch. Laptop ini juga punya 'mode outdoor' di mana laptop akan meningkatkan kecerahan layarnya sampai 600 nits.

Samsung mengklaim baterai 42Wh yang ada di Galaxy Book S bakal bertahan sangat lama. Untuk model yang dijual di AS hanya mempunyai koneksi WiFi, namun akan ada yang mempunyai modem LTE, dan akan dijual dengan harga USD 950.



Simak Video "Samsung Rilis Monitor Lengkung dengan Teknologi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)