Uji Kemampuan Foto Malam Ponsel Flagship, Siapa yang Unggul?

Uji Kemampuan Foto Malam Ponsel Flagship, Siapa yang Unggul?

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Kamis, 16 Jul 2020 16:51 WIB
(kiri: diambil dengan HUAWEI P40; kanan: diambil dari Samsung Galaxy S20 Ultra)
Foto: Huawei - (kiri: diambil dengan Huawei P40; kanan: diambil dari Samsung Galaxy S20 Ultra)
Jakarta -

Memotret dengan kondisi cahaya redup memiliki tantangan tersendiri bagi kemampuan kamera. Apalagi bagi kamera ponsel yang sensornya tergolong kecil. Namun dengan kecanggihan teknologi masa kini, ponsel-ponsel flagship sudah bisa menembus tantangan tersebut.

Untuk itulah beberapa merek smartphone menghadirkan fitur night mode yang disediakan untuk pengambilan potret di malam hari dan minim pencahayaan. Di antara ponsel flagship yang sudah beredar, terdapat tiga merek yang dikenal jagoan untuk foto-foto. Di antaranya adalah Huawei P40 Pro, Samsung Galaxy S20 Ultra, dan Apple iPhone 11 Pro Max.

Dilansir dari laman DxOmark, berikut beberapa hasil dari uji coba night mode di masing-masing flagship.

Huawei P40 ProHuawei P40 Pro Foto: Huawei

Huawei P40 Pro menawarkan performa menawan di malam hari. Saat digunakan untuk mengambil gambar menggunakan flash-auto mode hasilnya menunjukkan exposure, white balancing, dan dynamic range yang baik. Terlihat dari hasil potret, Huawei P40 Pro mampu menghasilkan exposure atau cahaya yang seimbang antara subjek foto dan background.

Ketika tidak menggunakan flash, hasil foto masih terlihat memuaskan berkat wide dynamic range yang dimiliki kamera Huawei P40 Pro. Untuk hasil potret di malam hari juga terlihat minim noise, dengan detail warna yang terlihat tetap konsisten. Hal ini dikarenakan Huawei P40 Pro memiliki 100x SuperZoom Array dengan desain periskop baru yang mencerminkan cahaya 5 kali, memperpanjang jalur cahaya sampai 178% untuk mendukung 10x true optical zoom. Ultra Vision Wide Camera yang secara optikal sudah distabilkan dan SuperZoom Array bekerja bersama-sama dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mewujudkan Triple OIS+AIS guna menghasilkan foto yang jauh lebih baik dan video yang stabil.

Kelima kamera Huawei P40 Pro Plus masing-masing memiliki sensor 40MP f/1.8 ultra-wide, 50MP RYYB f/1.9 ultra vision wide, 8MP periscope f/4.4 dengan 10x optical telephoto, 8MP f/2.4 dengan 3x optical telephoto, dan ToF

Sementara untuk Samsung Galaxy S20 Ultra, mode flashnya dapat mengekspos subjek foto dengan baik dan akurat namun beberapa detail pada background terlihat lebih gelap. Walaupun sedikit kehilangan detail, mode malam di S20 Ultra memiliki dynamic range yang cukup baik sehingga background terlihat lebih halus.

Saat flash dimatikan Samsung Galaxy S20 Ultra mempunyai exposure yang baik untuk pemotretan cityscape. Dari segi detail juga tetap tinggi, namun terdapat noise pada area dengan warna yang seragam.

Terakhir kinerja kamera pada iPhone 11 Pro Max, saat flash digunakan potret kameranya mendapatkan detail yang baik namun terkadang sesekali didapati noise. Hasil potret mode malam pada iPhone terlihat baik untuk mengambil foto landscape atau suasana sekitar dengan color rendering yang enak untuk dilihat meski sedikit noise.

Pada saat tidak menggunakan flash, hasil potret di iPhone terlihat bagus dengan exposure, white balance, dan color rendering yang natural. Namun ada beberapa situasi terdapat clipping pada area yang terkena cahaya dan efek ghosting pada objek yang bergerak.

Itulah uji beberapa ulasan kamera ponsel flagship Huawei P40 Pro, Samsung Galaxy S20 Ultra, dan iPhone 11 Pro Max dalam kondisi malam hari dengan night mode. Menurut kamu manakah yang lebih baik?



Simak Video "Diboyong ke Indonesia, Berapa Harga HUAWEI P40 Pro?"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)