Vivo iQOO Pamer Teknologi Pengisian Super Cepat 120W

Vivo iQOO Pamer Teknologi Pengisian Super Cepat 120W

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 14 Jul 2020 11:21 WIB
iqoo fast charging 120w
Vivo iQOO Pamerkan Teknologi Pengisian Cepat 120W Foto: Weibo
Jakarta -

Vendor ponsel masih berlomba-lomba menjadi yang pertama untuk meluncurkan teknologi pengisian cepat di atas 100W. iQOO yang merupakan sub-brand gaming Vivo, baru-baru ini menunjukkan performa pengisian cepat 120W.

Dikutip detikINET dari GSM Arena, Selasa (14/7/2020) lewat konferensi pers yang ditayangkan di Weibo, iQOO secara resmi memamerkan Super FlashCharge 120W di hadapan publik. Teknologi ini diperkirakan akan meluncur secara resmi di ponsel terbaru iQOO pada bulan depan.

Menurut petinggi iQOO yang berbicara di atas panggung, teknologi ini bisa mengisi baterai 4.000 mAh hingga penuh dalam waktu 15 menit. Durasi ini dua kali lebih cepat dibanding pengisian cepat 65W yang saat ini ditawarkan Oppo Find X2 Pro.

Presentasi ini juga dilakukan dengan gimmick yang unik. Konferensi pers dimulai dengan mengisi ulang unit demo dari 0%, yang langsung penuh begitu acara selesai dalam 15 menit.

Petinggi iQOO menjelaskan bagaimana cara kerja teknologi ini. Sel baterai dideretkan dalam barisan spesifik yang baru. Berkat desain baru ini, baterai 4.000 mAh bisa diisi ulang hingga 50% dalam lima menit.

Arus listriknya dikonversi dari 20V di 6A menjadi 10V di 12A, yang kemudian dibagi ke dua sirkuit yang masing-masing memuat 5V di 12A yang digunakan untuk mengisi dua sel 2.000 mAh.

Solusi baru ini mengharuskan ponsel untuk menggunakan lapisan grafit tambahan dan sistem pendingin internal untuk menjaga temperaturnya tetap dingin dan melindungi motherboard.

iQOO tidak mengungkap detail lebih lanjut tentang ponsel baru ini yang dijadwalkan meluncur bulan Agustus mendatang. Tapi mengingat iQOO merupakan sub-brand khusus gaming, tentunya ponsel ini akan ditujukan untuk komunitas gaming.

Demonstrasi teknologi pengisian cepat iQOO menyusul pengumuman Oppo yang sedang menyiapkan teknologi fast charging 125W. Tapi pengumuman Oppo hanya berisi video teaser bukan dalam bentuk demonstrasi langsung.



Simak Video "Diboyong ke Indonesia, Ini Spesifikasi Vivo X50"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)