Mungkin, Inilah Ponsel Paling Tangguh

Mungkin, Inilah Ponsel Paling Tangguh

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 13:55 WIB
Bittium Tough Mobile 2C
Mungkin, Inilah Ponsel Paling Tangguh. Foto: Bittium
Jakarta -

Dual-booting bahkan multi-booting komputer adalah hal yang biasa dilakukan pengguna level 'tukang ngoprek'. Banyak yang mempertahankan pengaturan seperti ini karena isu keamanan. Tapi, tren ini belum menyusul ke ponsel tahan banting.

Nah, dari Finlandia datang sebuah ponsel tangguh Bittium Tough Mobile 2C. Kalau mendengar Finlandia, pengguna ponsel angkatan lawas mungkin akan langsung teringat Nokia. Ya, negara ini juga yang memperkenalkan kepada kita sebuah ponsel tahan banting yang legendaris, Nokia 3310.

Kembali ke Bittium Tough Mobile 2C, seperti namanya, ponsel ini diklaim tangguh tak hanya di luarnya saja, tetapi juga di dalamnya. Desainnya klasik cenderung kurang menarik karena terlihat kaku seperti powerbank.

Diklaim Aman

Seperti komputer tukang ngoprek, ponsel ini menjalankan dua sistem operasi (OS) berbeda yakni Android 9 dan Secure OS milik Bittium. Ini memungkinkan pengguna memiliki dua persona di perangkatnya yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Kedua OS ini benar-benar terisolasi satu sama lain, lengkap dengan dengan data dan pemisahan elemen yang aman. Lebih dari itu, ponsel tahan banting ini selalu menggunakan VPN dan dukungan untuk manajemen perangkat seluler milik Bittium sendiri.

Selain dilengkapi kunci keamanan NFC Yubiko 5 gratis, Bittium Tough Mobile 2C sudah mengantongi sertifikasi standar militer MIL-STD-810G dan IP67 yang berarti sudah teruji tahan banting di segala kondisi.

Fitur lain yang mendukung ketangguhan ponsel ini adalah adanya hardware-based privacy mode yang bisa diaktifkan dengan tombol sekali tekan yang akan otomatis menonaktifkan Bluetooth, microphone, kamera, dan mengurangi akurasi sensor.

Belum ada informasi mengenai harga ponsel tahan banting ini. Namun jika melihat seri sebelumnya dari ponsel ini, Tough Mobile 2 yang dibanderol 1.207,50 euro (sekitar Rp 19,2 juta), jangan harap ponsel ini akan dijual lebih murah dari harga tersebut.



Simak Video "Tergiur Diskonan Lazada, Pasutri Ini Jadi Korban Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)