macOS Big Sur Bawa Desain Baru, Makin Mirip iOS

WWDC 2020

macOS Big Sur Bawa Desain Baru, Makin Mirip iOS

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 23 Jun 2020 02:45 WIB
macos big sur
macOS Big Sur makin mirip iOS. Foto: Apple
Jakarta -

Apple turut memperkenalkan macOS Big Sur di WWDC 2020. Sistem operasi ini membawa desain baru yang makin mirip iOS.

"Dengan tampilan yang modern dan bersih, peningkatan besar pada aplikasi utama dan fitur privasi baru, kami pikir semua orang akan menyukai pengalaman baru yang ditawarkan oleh macOS Big Sur," kata Craig Federighi, SVP of Software Engineering Apple.

macOS Big Sur memberikan desain baru yang membuat navigasi lebih mudah, sambil menempatkan lebih banyak kontrol di ujung jari pengguna. Lengkungan sudut window hingga palet warna telah disempurnakan.

Ikon di Dock telah dirancang agar lebih konsisten dengan ikon di seluruh ekosistem Apple sambil mempertahankan ciri khas Mac sendiri. Tombol dan kontrol muncul saat dibutuhkan, dan hilang saat tidak dipakai. Seluruh pengalaman terasa lebih fokus, segar, dan akrab, mengurangi kompleksitas visual dan menjadikan konten lebih menonjol.

Control CenterControl Center Foto: Apple

Apple menghadirkan Control Center yang memberikan akses cepat ke kontrol langsung dari desktop. Lalu ada Notification Center yang lebih interaktif dan dilengkapi widget.

Safari menjadi aplikasi yang dirombak habis-habisan. Engine JavaScript yang digunakan diklaim memberikan performa lebih cepat dari browser lain.

Navigasi pun lebih cepat selain itu pengaturan tabs kian mudah. Safari pun memberikan preview halaman dengan cepat saat cursor di arah ke atas tab.

Tampilan SafarTampilan Safari di macOS Big Sur Foto: Apple

Pengguna dapat menyesuaikan halaman awal baru dengan gambar latar belakang dan bagian seperti Daftar Bacaan dan Tab iCloud. Dilengkapi fitur terjemahan internal, Safari dapat mendeteksi dan menerjemahkan seluruh halaman web dari tujuh bahasa hanya dengan satu klik.

Dukungan ekstensi ditingkatkan, selain itu fitur privasi pun tidak kalah ditonjolkan. Safari melindungi aktivitas penjelajahan di seluruh web.

Pengguna dapat memilih kapan dan di situs web mana ekstensi Safari dapat bekerja. Selain itu terdapat tools yang memantau yang mengungkapkan informasi kata sandi.

macOS Big Sur versi developer beta sudah tersedia. Berlanjut Juli akan dirilis public beta, sementara versi final sekitar September mendatang.



Simak Video "Yang Terbaru dari iOS 14"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)