Dampak Corona, Penjualan Smartphone Global Turun 20 Persen

Dampak Corona, Penjualan Smartphone Global Turun 20 Persen

Josina - detikInet
Selasa, 02 Jun 2020 20:01 WIB
Ilustrasi Smartphone
Dampak Corona, Penjualan Smartphone Global Turun 20 Persen (Foto: Julian Chokkattu/Digital Trends)
Jakarta -

Sebuah laporan penelitian industri terbaru dari Gartner mengatakan terjadi penurunan penjualan smartphone global pada kuartal pertama di tahun 2020.

Tentunya penurunan ini terjadi karena pandemi COVID-19 yang memberikan dampak ekonomi secara global dan industri smartphone pun salah satunya yang terimbas.

Mengingat virus ini berawal dari China pada bulan Desember 2019, maka sebagian besar vendor China pun pastinya sangat terdampak pasalnya banyak pabrik yang tutup sementara di China dan juga daya beli konsumen yang menurun.

Dilansir detikINET dari GSM Arena penjualan smartphone global turun 20,2 persen pada kuartal pertama tahun 2020 dengan total sebanyak 299 juta unit. Tercatat ada lima brand smartphone Samsung, Huawei, Apple, Xiaomi dan Oppo.

Apple mengalami penurunan penjualan dengan angka yang paling kecil dibandingkan dengan Oppo, Samsung dan Huawei yang mengalami penurunan paling signifikan.

Namun Xiaomi menjadi satu-satunya merek yang mengalami kenaikan dengan angka 1,4 persen.

Untuk jumlah pengapalan perangkat, di tahun ini Samsung telah mengirimkan lebih dari 55 juta perangkat di mana tahun lalu ada 71 juta perangkat yang dikirim pada kuartal yang sama di tahun lalu.

Lalu Huawei mengirim lebih dari 42 juta perangkat turun dari 58 juta, sedangkan Apple mengirim perangkat 40 turun dari 44 juta di tahun lalu. Meski Huawei memiliki performa terburuk pada kuartal tahun ini, namun ia berhasil mempertahankan posisinya nomor dua untuk Q1.

"Apple memiliki awal yang kuat untuk tahun ini berkat jajaran produk barunya yang melihat momentum kuat secara global. Jika COVID-19 tidak terjadi, vendor kemungkinan akan melihat penjualan iPhone mencapai rekor pada kuartal tersebut. Gangguan rantai pasokan dan menurunnya belanja konsumen menghentikan tren positif ini di bulan Februari. " ujar Annette Zimmermann, Wakil Presiden Riset di Gartner.



Simak Video "Aktivitas #dirumahaja Jadi Auto Semangat with Samsung Galaxy S20"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)