iPhone SE dan iPhone 8 Identik, Bisa Saling Tukar Komponen

iPhone SE dan iPhone 8 Identik, Bisa Saling Tukar Komponen

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 27 Apr 2020 08:12 WIB
iPhone SE
iPhone SE dan iPhone 8 memiliki kemiripan di luar serta dalam. Foto: ifixit
Jakarta -

Tidak hanya penampilan luarnya, komponen yang ada di dalam iPhone SE dan iPhone 8 memiliki kemiripan. Bahkan bisa saling tukar.

Kemiripan dua ponsel Apple itu awalnya diungkap oleh YouTuber dari China. Kemudian iFixit yang membongkar iPhone SE dan 8 mendapati hal yang sama.

Sebagian besar komponen iPhone SE dan 8 begitu identik. Tapi memang ada beberapa yang berbeda, seperti modem, chip WiFi, konektor baterai, modul kamera belakang dan tentu saja prosesor.

Ya seperti kamu ketahui iPhone SE ditenagai chip A13 Bionic yang tersemat pada iPhone 11 dan 11 Pro. Sementara iPhone 8 punya dapur pacu A11.

iPhone SE dan iPhone 8 saat dibongkariPhone SE dan iPhone 8 saat dibongkar Foto: ifixit

iFixit pun mendapati sejumlah komponen di iPhone 8 bisa terpasang di iPhone SE. Mereka sukses menukar modul kamera, SIM Card tray, Taptic Engine dan layar.
Hanya saja saat layar ditukar, fitur True Tone tidak bisa dinikmati.

Kendati sejumlah komponen memiliki kesamaan bentuk, tetap tidak bisa ditukar. Tombol Home salah satunya, karenanya iFixit menyarankan untuk mengganti dengan tipe yang sama.

Baterai iPhone SE dan 8 terlihat identik, hanya saja konektor berbeda. Alhasil keduanya tidak bisa saling tukar.

Pada kesimpulannya iFixit terkesan dengan bagaimana iPhone SE menggunakan beberapa komponen yang sudah tersedia di pasaran. Tentunya ini mempermudah proses perbaikan dan harga pun lebih bersahabat.



Simak Video "iPhone SE 2 Plus Bakal Jadi Ponsel Murah Apple Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)