Xiaomi Garap Ponsel dengan Kamera 144 MP

Xiaomi Garap Ponsel dengan Kamera 144 MP

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 03 Apr 2020 20:25 WIB
kantor Xiaomi di Beijing
Xiaomi Garap Ponsel dengan Kamera 144 MP (Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan)
Jakarta -

Xiaomi termasuk salah satu vendor ponsel yang paling pertama dalam mengadopsi teknologi kamera terbaru. Kali ini mereka dikabarkan sedang mengembangkan ponsel dengan kamera 144 MP.

Hal ini dibocorkan oleh pembocor gadget Sudhanshu Ambhore lewat Twitter. Dikutip detikINET dari Tech Radar, Jumat (3/4/2020) ponsel Xiaomi yang diperkirakan mengusung teknologi baru ini adalah Mi CC10 Pro atau Mi 10S Pro.

Xiaomi dikabarkan bekerjasama dengan Samsung sebagai penyedia sensor kamera ini. Sebelumnya Samsung memang dikabarkan sedang menyiapkan sensor kamera berukuran 150 MP.

Perbedaan angka di antara kedua sensor sepertinya hanya karena masalah pembulatan. Pasalnya hanya Samsung yang saat ini mengembangkan sensor kamera di atas 108 MP.

Sensor 144 MP buatan Samsung ini dikabarkan akan menggunakan teknologi Nonacell yang menggabungkan sembilan pixel menjadi satu. Hasil tangkapan kameranya akan menghasilkan foto berukuran sekitar 16 MP.

Ukuran fisik sensor 144 MP juga akan lebih besar yaitu 1 inch dibanding 1/1.33 inch yang merupakan ukuran sensor 108 MP besutan Samsung. Ukurannya kurang lebih sama dengan ukuran sensor yang digunakan di kamera saku kelas atas seperti Sony RX100.

Saat berita mengenai sensor kamera terbaru dari Samsung tersebut mencuat, Xiaomi turut dikabarkan sebagai salah satu vendor pertama yang akan mencicipinya. Ponsel Xiaomi dengan kamera 144 MP tersebut dijadwalkan meluncur pada kuartal IV 2020.

Jadwal ini sesuai dengan rekam jejak ponsel Xiaomi sebelumnya. Pada tahun lalu, Xiaomi Mi CC9 Pro menjadi ponsel pertama yang menggunakan sensor 108 MP milik Samsung dan diumumkan pada November 2019.

Selain Xiaomi, laporan sebelumnya juga mengatakan bahwa Oppo dan Vivo juga akan merilis ponsel dengan sensor terbaru ini dan mengusung prosesor Snapdragon 875 yang belum diluncurkan. Tapi ponsel dari keduanya baru akan diumumkan pada pada awal 2021.



Simak Video "China-India Alami Konflik, Bos Xiaomi: Tak Berdampak ke Bisnis Kami"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)