Jumat, 27 Mar 2020 10:13 WIB

Qualcomm Pamer Teknologi Pesaing AirPods Pro

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Qualcomm Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Qualcomm merilis chip audio wireless baru yang ditujukan untuk earphone true wireless stereo (TWS) yang menawarkan fitur serupa dengan Apple AirPods Pro.

Chip yang dimaksud adalah QCC514x dan QCC304x, yaitu chipset Bluetooth yang menjanjikan sejumlah fitur seperti active noise cancelation, konsumsi daya rendah, dan dukungan untuk asisten digital seperti Alexa dan Google Assistant.

Ada juga teknologi TrueWireless Mirroring yang mengatur koneksi antara ponsel ke earphone, di mana ponsel hanya terkoneksi dengan 1 earphone dan datanya kemudian di-mirror atau dipantulkan ke earphone pasangannya.

Teknologi ini, secara teori, bisa menghasilkan sambungan yang lebih baik karena mengurangi kebutuhkan sinkronisasi data antara earphone sebelah kiri dan kanan. Saat satu earphone dilepas atau dimatikan, sistemnya akan otomatis mengirimkan data ke earphone yang masih menyala.

Sistem ini pun membuat sambungan Bluetooth yang terlihat di ponsel hanya satu, bukan dua perangkat seperti yang terjadi di kebanyakan earphone TWS saat ini, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Jumat (27/3/2020).

Fitur andalan kedua chip ini adalah teknologi hybrid ANC milik Qualcomm yang membuat earphone yang memakai chip ini bisa mempunyai fitur active noise cancelation (ANC) lengkap dengan fitur 'leak-through' yang membuat earphone bisa memunculkan suara dari luar, yang sering disebut sebagai mode transparan pada earphone atau headphone noise canceling yang ada saat ini.

Konsumsi daya dari kedua chip baru ini pun disebut lebih efisien yang membuat daya tahan baterai earphonenya bisa lebih baik. QCC514x dan QCC304x diharapkan bisa membuat earphone TWS dengan harga terjangkau bisa menggunakan teknologi ANC.

Perbedaan utama antara QCC514x dan QCC304x adalah kelasnya, di mana QCC514x lebih premium dan QCC304x merupakan chip entry level. QCC514x mempunyai fitur asisten digital yang bisa menyala terus, mirip dengan AirPods ataupun Echo Buds milik Amazon. Sementara di QCC304x, fitur asisten digital ini harus diaktifkan dengan menekan tombol.



Simak Video "Suka Dengar Musik di MRT? Wajib Coba Earphone Sony Satu Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)