Mengenal Teknologi LIDAR yang Ada di iPad Pro Baru

Mengenal Teknologi LIDAR yang Ada di iPad Pro Baru

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 19 Mar 2020 20:41 WIB
iPad Pro 2020
Mengenal Teknologi LIDAR yang Ada di iPad Pro Baru (Foto: Apple)
Jakarta -

Ada teknologi menarik yang dibenamkan Apple di iPad Pro anyar yang baru dirilis, yaitu LIDAR, yang kependekan dari Light Detection and Ranging. Teknologi apa sih ini?

LIDAR adalah teknologi yang bisa mengukur jarak dengan menggunakan cahaya yang dipancarkan dari perangkat. Teknologi ini banyak digunakan untuk melakukan pemetaan bumi, dan dikenal mempunyai akurasi tinggi dalam membuat peta bumi dalam bentuk tiga dimensi.

Ada banyak sektor yang bisa memanfaatkan LIDAR, seperti mobil otonom, yang menggunakan teknologi ini untuk memetakan kondisi di sekitar kendaraan, alias menjadi mata dari mobil otonom.

Sektor pertanian pun lazim memanfaatkan LIDAR, yaitu untuk memetakan sebuah daerah secara tiga dimensi, tepatnya elevasi sebuah area untuk mengukur pancaran sinar matahari yang bisa didapat di area tersebut.

Begitu juga dengan arkeolog, yang bisa memanfaatkan LIDAR untuk mendeteksi topografi mikro yang tersembunyi di balik bermacam tanaman. Teknologi ini pun bisa dipakai untuk memetakan struktur bangunan yang berguna untuk membuat peta tiga dimensi dari sebuah area.