Trio Galaxy S20 Bisa Rekam 8K tapi Memorinya 128 GB, Cukup?

Trio Galaxy S20 Bisa Rekam 8K tapi Memorinya 128 GB, Cukup?

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 05 Mar 2020 07:02 WIB
Galaxy S20
Galaxy S20 punya kemampuan rekam video 8K. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Galaxy S20 series punya kemampuan merekam video 8K, namun memori internal yang dimiliki hanya 128 GB. Cukupkah?

Product Marketing Manager Samsung Indonesia Taufiq Furqan mengatakan saat merekam 8K, ukuran video berdurasi satu menit besarnya 500 MB. Jadi misalnya pengguna merekam video 5 menit, besarnya file tersebut mencapai hampir 3 GB.

"Saat merekam 8K memang hanya bisa disimpan di internal saja, karena frame ratenya jauh lebih cepat. Tapi setelah videonya jadi bisa dipindahkan ke memori eksternal. Galaxy S20 mendukung memori eksternal hingga 1 TB," jelas Taufiq saat berbicang usai peluncuran Galaxy S20 series dan Galaxy Z Flip di Jakarta (4/3/2020).

Di kesempatan yang sama sutradara kondang Joko Anwar mengatakan memang memori 128 GB untuk sebuah film tidaklah cukup. Tapi tidak jadi masalah, karena Galaxy S20 masih punya kartu memori eksternal.

Joko AnwarJoko Anwar Foto: Samsung

Sang pembesut film Pengabdi Setan ini mencontohkan saat proses syuting menggunakan kzmera profesional dirinya tidak pernah tidak ganti kartu memori.

"Kami syuting 16 menit ganti kartu dan tidak pernah menyimpan di satu storage karena beresiko. Biasanya beberapa kali take langsung dipindahin untuk safety, karena SOP-nya begitu," papar Joko Anwar

8K di Ponsel untuk apa?

Galaxy S20 series menjadi ponsel pertama di dunia yang memiliki kemampuan rekam video 8K. Tapi untuk apa?

Joko Anwar punya jawabannya. Menurutnya kehadiran fitur tersebut akan memberi manfaat bagi mereka yang hobi membuat konten. Karena berkat resolusi 8K dapat menangkap gambar dengan detail dan jelas.

Ketika video tersebut di-crop, gambarnya tidak akan pecah. "Kalau merekam video 8K dan ada satu bagian yang saya suka, tinggal tap frame, foto beresolusi tinggi akan dihasilkan," kata pria kelahiran Medan ini.



Simak Video "Dear ARMY, Ini Harga Samsung Galaxy S20+ Edisi BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)