Wah, HP Ini Bisa Jalankan Android dan Linux

Wah, HP Ini Bisa Jalankan Android dan Linux

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 27 Feb 2020 11:00 WIB
Cosmo Communicator, Nokia Communicator
Cosmo Communicator. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Saat ini mayoritas ponsel pintar menggunakan OS Android atau iOS, namun ternyata ada juga ponsel yang menggunakan dua OS sekaligus di dalamnya, yaitu Android dan Linux.

Ponsel tersebut dibuat oleh Planet Computers, dan diberi nama Cosmo Communicator. Mereka mengklaim ponsel ini bisa menjalankan baik Android ataupun Linux, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (26/2/2020).

Bahkan, jika mau, pengguna juga bisa menambahkan Debian ke dalam ponsel tersebut. Oh ya, sistem operasi ini bisa terpasang secara sekaligus, bukan hanya bisa diinstal salah satunya. Namun tentu saja pengguna harus mengetahui cara mempartisi storagenya, dan tahu cara menggunakan menu boot pada ponsel.

Planet Computers sebenarya sudah merilis Cosmo Communicator sejak November 2019, tepatnya setelah crowdfunding yang mereka adakan sejak 2018 sukses. Namun baru-baru ini mereka mengumumkan kalau ponsel tersebut juga mendukung Linux, bukan cuma Android saat pertama dirilis.

Cosmo Communicator menggunakan desain yang terinspirasi dari PDA Psion Series 5 yang tenar pada tahun 90an. Yaitu ponsel yang dilengkapi dengan keyboard fisik dengan tombol yang besar.

"Menawarkan alternaif sistem operasi yang layak di Cosmo Communicator sudah menjadi ciri khas di semua perangkat Planet. Komunitas Linux juga mempunyai peran penting dalam pengembangan firmware dan bersamanya kami akan melanjutkan untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna di Linux," ujar Dr Janko Mrsic-Floger, CEO Planet Computers.

Wah, HP Ini Bisa Jalankan Android dan Linux


Simak Video "Clubhouse Siap Meluncur untuk Pengguna Android"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)