Senin, 24 Feb 2020 08:20 WIB

Begini Jadinya Kalau Terbalik Pasang Earphone 'Left' dan 'Right'

Aisyah Kamaliah - detikInet
Cute Smiling Female Listening to Music with Headphones in Car Foto: iStock
Jakarta -

Pernah terpikir mengapa ada tulisan 'L' dan 'R' pada earphone yang kamu punya dan apa perbedaannya?

detikINET mencoba menjawab rasa penasaran kamu dengan menanyakannya pada pengamat gadget Lucky Sebastian. Dijelaskannya bahwa ada beberapa perbedaan yang dihasilkan dari masing-masing earphone. Contohnya adalah dari segi bentuk, ketika masuk ke dalam kanal telinga akan terasa tidak nyaman.

Kemudian ia menjelaskan dari sisi fungsi pengaruh, ada perbedaan dari suara yang dihasilkan, misalnya kiri untuk instrumen lebih dominan dan kanan lebih dominan ke vokal."Kalau udah bentuk yang kayak earbuds ada wing tip biar nggak jatuh, lebih nggak nyaman lagi kalau ketuker," ujarnya melalui saat dihubungi detikINET.

"Ini ada maksudnya dan sudah dipertimbangkan untuk kuping yang mana, apalagi mode seperti sound stage. Terus kalau dipakai nonton kan suara bisa bergerak, misal mobil dari kiri ke kanan, nah kalau terbalik nanti nggak match sama arah suaranya," pungkasnya.

Begini Jadinya Kalau Terbalik Pasang Earphone 'Left' dan 'Right'Di setiap earphone selalu ada tulisan R dan L. Foto: Apple

Berdasarkan penelusuran detikINET, banyak juga orang yang ketika menggunakan earphone terbalik menyadari efeknya begitu menonton film atau sedang bermain game. Contohnya adalah Firdaus, seorang karyawan swasta yang punya hobi gaming.

"Tergantung dari earphone atau headphonenya, tapi memang nggak nyaman. Pasti dari contour telinganya aja udah beda. Lebih gampang capek juga kalau kebalik," kata pria yang akrab disapa Feri ini.

Nah, jadi sudah nggak penasaran lagi kan mengapa ada 'L' dan 'R' di earphone milik kamu? Tapi omong-omong nih detikers, kalian sendiri merasa ada perbedaan tidak sih begitu terbalik memasang earphone? Coba tuliskan di kolom komentar ya.

Begini Jadinya Kalau Terbalik Pasang Earphone 'Left' dan 'Right'


Simak Video "Ponsel Punya Kamera Pixel Gede untuk Apa Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)