Virus Corona Bikin Permintaan Laptop Meningkat

Virus Corona Bikin Permintaan Laptop Meningkat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 07 Feb 2020 19:15 WIB
Laptop Asus
Virus Corona Bikin Permintaan Laptop Meningkat (Foto: Adi Fida Rahman/detikinet)
Jakarta -

Virus corona punya dua dampak yang bertolak belakang bagi Asus, yaitu menghambat proses produksi, namun juga membuat permintaan laptop meningkat.

Chief Marketing Officer Asus Global Rex Lee menyebut penyebaran virus corona ini malah membuat banyak orang mencari perangkat komputer atau laptop, termasuk untuk keperluan bermain game.

"Karena virus ini memaksa orang untuk tinggal di rumah dalam waktu lama, mereka malah tidak memiliki banyak kegiatan. Jadi mereka cenderung mencari produk seperti komputer atau laptop gaming," ujar Rex yang ditemui detikINET setelah meresmikan ZenBook Store di Ratu Plaza, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Meski begitu, tetap saja virus corona punya dampak negatif bagi Asus, yaitu pabriknya yang tak bisa beroperasi sehingga produksi perangkatnya terhambat.

"Kalau dari sisi permintaan kami tidak mempunyai masalah. Hanya di bagian produksi," tegasnya.

Pabrik Asus yang tersebar di China mayoritas tak bisa beroperasi, utamanya karena virus ini menyebar di banyak tempat, sehingga tak ada pekerjanya yang bisa datang ke pabrik.

"Kami sekarang mencari pekerja yang mau kembali ke pabrik. Itu tantangannya. Karena virus ini tidak hanya di satu area, melainkan tersebar di banyak tempat," ujar Rex.

Rex juga tak bisa menjawab dengan pasti ketika ditanya soal rencana mitigasi mereka untuk menghadapi penyebaran virus corona di China ini. Sebabnya, bukancuma pabrik mereka yang berlokasi di China, melainkan juga penyuplai komponen dan lain sebagainya, juga berlokasi di China.

"Semua komponen kunci, supply chain, dan lainnya, berlokasi di China. Jadi bukan cuma 1 pabrik yang berlokasi di China," tutupnya.



Simak Video "Asus Luncurkan Laptop 'ExpertBook B9450', Cocok untuk Pebisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)