Senin, 20 Jan 2020 14:19 WIB

Chromebook Bakal Dukung Platform Steam

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Samsung Chromebook. Foto: dok. Samsung
Jakarta - Google tampaknya ingin memperluas kemampuan Chrome OS setelah membuka akses sistem operasinya itu untuk platform Steam.

Hal ini diungkap oleh seorang product leader di tim Chrome OS, yang menyebut Google tengah mengusahakan agar Chromebook bisa menjalankan platform besutan Valve tersebut. Sayangnya ia tak mengungkap waktu pasti kehadiran Steam tersebut di Chrome OS.



Sebelumnya Google sudah membuka Chrome OS agar bisa menggunakan aplikasi Android, yang membuat sistem operasinya itu bisa mengakses jutaan aplikasi yang ada di Google Play Store. Tentunya agar Chrome OS tak melulu bergantung pada aplikasi yang ada di browser Chrome.

Dikutip detikINET dari The Verge, Senin (20/1/2020), saat nanti Steam sudah didukung, artinya Chromebook bakal bisa menjalankan game yang kompatibel dengan Linux. Meski tak sebanyak game yang kompatibel dengan Windows, setidaknya hal ini membuka peluang agar Chromebook tak terpaku pada game yang ada di Play Store saja.

Namun kehadiran Steam ini juga tak serta merta membuat Chromebook bisa memainkan semua game yang kompatibel. Sebabnya kebanyakan Chromebook yang ada saat ini mempunyai spesifikasi yang seadanya. Alhasil game yang bisa dimainkan pun akan terbatas.



Untungnya, menurut Product Manager Chrome OS Kan Liu, dalam waktu dekat akan banyak Chromebook berspesifikasi tinggi yang akan dirilis. Terutama Chromebook dengan prosesor AMD terbaru.

Simak Video "OPPO hingga Samsung Bisa Nikmati Android 10"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)