Pesaing Apple AirDrop Buatan Xiaomi, Oppo dan Vivo Siap Digunakan

Pesaing Apple AirDrop Buatan Xiaomi, Oppo dan Vivo Siap Digunakan

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 02 Jan 2020 18:47 WIB
Foto: Vivo
Jakarta - Xiaomi, Oppo dan Vivo diketahui berkolaborasi membuat sistem file sharing. Fitur yang akan menjadi pesaing Apple AirDrop ini dikabarkan siap digunakan tidak lama lagi.

Vivo baru saja mengonfirmasi kalau sistem file sharing lintas platform ini akan tersedia mulai Februari 2020. Alhasil pengguna ponsel Vivo, Oppo dan Xiaomi dapat saling berbagi file dengan sangat mudah.


Butuh waktu empat bulan bagi ketiga vendor asal China itu mengarap bersama sistem file sharing itu. Nantinya pengguna tidak perlu menginstal aplikasi untuk menggunakan fitur.

Sistem file sharing ini dibuat berbasis transfer protocol peer-to-peer dan akan bekerja hanya dengan sekali tekan. Dan fitur ini sudah menjadi bagian dari ColorOS, MIUI dan Funtouch OS. Hanya butuh menghidupan WiFi dan Bluetooth untuk koneksi saja.

Sistem file sharing besutan Oppo, Vivo dan Xiaomi ini mampu mentransfer berbagai format file seperti video, audio, foto, dan dokumen. Proses transfer diklaim sangat cepat hingga 20MB per detik.


Kendati fitur ini buah kolaborasi Xiaomi, Vivo dan Oppo, ketiganya tidak menutup diri bila ada vendor Android yang ingin bergabung dalam aliansi. Sebabnya kolaborasi ini sejatinya bertujuan ingin memecahkan masalah di mana pengguna Android harus mencari aplikasi pihak ketiga untuk saling berbagi file.

Simak Video "Unggulan Baru, vivo V20 Punya 44MP Eye Autofocus dan Sleek Design"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)