Ponsel-ponsel Android Bersejarah Selama 1 Dekade - Halaman 6

ADVERTISEMENT

Ponsel-ponsel Android Bersejarah Selama 1 Dekade

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 31 Des 2019 16:33 WIB
Foto: Jason Kempin/Getty Images for Oreo

Google Pixel 2 (2017)

Kualitas kamera menjadi aspek penting di ponsel beberapa tahun belakangan. Peningkatan kualitas foto yang dihasilkan tak cuma dari sisi hardware, melainkan juga dari software, atau sering disebut sebagai computational photography atau fotografi komputasi.

Ponsel-ponsel Android Bersejarah Selama 1 DekadeFoto: Ars Technica

Google memang sudah memulai penggunaan teknik ini sejak Nexus 6P, yang kemudian dilanjutkan ke Pixel 1. Namun baru di Pixel 2 lah Google mulai memaksimalkan fitur ini. Google bisa dibilang sukses mengubah fotografi ponsel ke level baru dengan Pixel 2.

Samsung Galaxy S8 (2017)

Ponsel dengan bezel kini memang bukan hal aneh lagi, dan Galaxy S8 bisa dibilang adalah perangkat yang memulai tren ponsel dengan bezel tipis. Saat pertama diluncurkan, Galaxy S8 sukses memukau publik dengan layar dengan bezel yang nyaris tak terlihat -- kecuali pada bagian atas dan bawah.

Ponsel-ponsel Android Bersejarah Selama 1 DekadeFoto: Getty Images

Rasio bodi ke layarnya mencapai 86,2%, jauh lebih tinggi ketimbang Galaxy S7. Kini, tren layar tanpa bezel itu terus berkembang menjadi layar hole punch atau bahkan memindahkan kamera depan ke tempat lain agar layar benar-benar tak mempunyai bezel.

Galaxy Fold (2019)

Meski bermasalah saat pertama diluncurkan, tetap saja Galaxy Fold adalah ponsel yang revolusioner karena mempunyai layar yang bisa dilipat. Dalam kondisi dilipat, Galaxy Fold berbentuk seperti ponsel pada umumnya -- meski agak tebal. Namun ketika layarnya dibuka, ponsel ini bakal berubah menjadi sebuah tablet. Ya, tablet yang bisa dikantongi.

Ponsel-ponsel Android Bersejarah Selama 1 DekadeFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ke depannya, mungkin akan semakin banyak pabrikan ponsel yang membuat ponsel dengan layar yang bisa dilipat. Atau mungkin juga tidak. Kita tunggu saja 2020 mendatang. (asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT