Pegawai Foxconn Rakit iPhone Pakai Komponen Cacat

Pegawai Foxconn Rakit iPhone Pakai Komponen Cacat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 19 Des 2019 11:37 WIB
Foto: Internet
Jakarta - Sejumlah pegawai setingkat manajer di Foxconn terlibat dalam skema penipuan yang melibatkan komponen iPhone yang tak lolos uji kualitas, alias cacat.

Di pabrik perakitan iPhone milik Foxconn, seperti lazimnya pabrikan perangkat elektronik lain, tentu ada komponen yang tak lolos uji kualitas. Komponen semacam ini pun ditolak dari pabrik, dan seharusnya langsung dihancurkan.

Namun si manajer ini, yang bekerja sama dengan seorang pebisnis dari Taiwan, mengumpulkan komponen cacat iPhone itu. Lalu mereka pun menggunakan komponen tersebut menjadi iPhone yang terlihat berfungsi normal.

Dan karena iPhone tersebut diproduksi di fasilitas perakitan milik Foxconn, produk itu pun dijual selayaknya perangkat Apple yang asli, demikian dikutip detikINET dari Apple Insider, Kamis (19/12/2019).


Skema penipuan ini disebut sudah menghasilkan pemasukan setidaknya USD 43 juta atau sekitar Rp 601 miliar, dan sudah berlangsung selama tiga tahun ke belakang. Namun Apple baru mengetahui masalah ini pada Juni lalu, yang langsung memicu audit internal di Foxconn.

Otak dari skema penipuan ini adalah si pengusaha asal Taiwan yang tak disebutkan namanya. Ia bekerja sama dengan sejumlah pegawai setingkat manajer di pabrik Foxconn di Zhengzhou.

Terry Gou, mantan bos Foxconn, menolak berkomentar panjang mengenai masalah ini. Ia menganggap masalah ini tak mengejutkan jika melihat besarnya perusahaan tersebut.

"Hal tak diinginkan mungkin terjadi oleh satu atau dua pegawai jika melihat ukuran perusahaan Foxconn," ujarnya.

Simak Video "Apple Dikabarkan Sedang Buat iPhone Layar Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)