Selasa, 03 Des 2019 07:01 WIB

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Ian Waldie/Getty Images Foto: Ian Waldie/Getty Images

In ear monitor
In ear monitor (IEM) adalah headphone yang dipakai di dalam daun telinga dan mempunyai nozzle atau pipa kecil yang masuk ke dalam kanal telinga. IEM bisa menghasilkan suara yang relatif tak terpengaruh suara dari luar, utamanya karena ruang antara driver dan gendang telinga sangat minimal pada headphone jenis ini.

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Namun di sisi lain, IEM tak terpengaruh dengan sistem pendengaran lain pada telinga manusia, seperti daun telinga. Jadi suara yang dihasilkan -- biasanya -- mempunyai soundstage yang sempit. Kualitas suara dari IEM pun sangat tergantung pada seberapa tertutup kanal telinga anda dari dunia luar.

IEM terbagi dua, yaitu IEM universal dan custom IEM. IEM universal mempunyai nozzle yang bisa dipasangi eartips, biasanya berbahan silikon atau bisa juga busa. Sementara custom IEM tak menggunakan eartips karena bentuknya dibuat sesuai dengan telinga penggunanya.

Custom IEM (kiri) dan Universal IEM (kanan)Custom IEM (kiri) dan Universal IEM (kanan) Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Misalnya, jika eartips yang digunakan terlalu kecil dan tak menutup kanal telinga dengan rapat, maka suara bass yang didengar akan mengecil atau bahkan hampir tak terdengar. Soal kenyamanan IEM ini pun bisa saja menjadi masalah, karena tak semua orang bisa merasa nyaman menggunakan IEM.

IEM juga adalah jenis headphone yang menawarkan tingkat isolasi pasif paling tinggi dari jenis lainnya. Sehingga IEM cocok digunakan untuk mendengarkan musik di tempat yang berisik.
Halaman
1 2 3 4 Tampilkan Semua

(asj/fay)