Minggu, 01 Des 2019 20:01 WIB

Menjajal Mate 30 Pro tanpa Aplikasi Google, Gimana Rasanya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Meski tanpa dilengkapi Google Mobile Services, Huawei tetap merilis Mate 30 Pro di Indonesia. Bagi saya, yang hampir semua datanya tersimpan di Google, ponsel semacam ini sebenarnya adalah perangkat yang bakal sangat menyebalkan untuk digunakan sebagai ponsel sehari-hari.

Meski begitu, tetap saja saya penasaran. Bisa nggak sih saya 'puasa' dari layanan Google ketika menggunakan Mate 30 Pro. Yuk simak bahasan di bawah ini.

Memindahkan data dari ponsel lama
Sebagai ponsel sehari-hari, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memindahkan semua data, dari yang terpenting seperti kontak dan backup chat, aplikasi inti yang dibutuhkan sehari-hari, dan syukur-syukur bisa memindahkan foto yang sudah ada di ponsel lama.

[Gambas:Youtube]


Sayangnya, memindahkan data-data tersebut, meski secara teknis bisa dilakukan -- ada juga yang tak bisa -- namun prosesnya tak semudah jika ponselnya didukung oleh GMS. Proses memindahkan kontak bisa dilakukan ketika pertama mengaktifkan Mate 30 Pro, yaitu dengan menginstal aplikasi Phone Clone dari ponsel lama, yang akan memindahkan semua kontak dari ponsel lama ke Mate 30 Pro.

[Gambas:Youtube]


Masalah muncul ketika saya mau memindahkan foto dari ponsel lama. Saya menggunakan Google Photos untuk membackup foto dari semua perangkat yang dipakai, dan tentu saja, aplikasi Photos tak bisa dipakai di Mate 30 Pro. Alhasil untuk mengakses foto saya harus membuka Photos lewat browser, yang tentunya tak senyaman jika memakai aplikasi.

Soal aplikasi, saya tak akan berharap semua aplikasi dari ponsel lama bisa diinstal di Mate 30 Pro. Namun setidaknya aplikasi yang paling sering saya gunakan setiap harinya bisa diinstal di Mate 30 Pro. Pilihan aplikasi ini mungkin akan berbeda setiap orangnya, namun setidaknya mungkin hal ini bisa memberikan sedikit gambaran bagi anda yang tertarik untuk membeli Mate 30 Pro.

Huawei menyediakan aplikasi dari AppGallery -- semacam Play Store versi Huawei. Namun aplikasi yang ada di situ masih sangat minim. Hampir semua aplikasi saya unduh dari situs semacam APK Mirror, yang bukan cuma merepotkan, namun juga tak jelas keamanannya.

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan normal ataupun beroperasi dengan sedikit trik di Mate 30 Pro.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3